Bahaya Meninggalkan Hewan Peliharaan dalam Mobil

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Senin, 04 Des 2017 11:13 WIB
Sama seperti manusia, ditinggal dalam kondisi mobil yang pengap dan panas, hewan peliharaan juga akan kesulitan untuk bernapas. Ada banyak alasan mengapa meninggalkan anjing di dalam mobil sangatlah berbahaya. ( AFP PHOTO / JORGE GUERRERO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seekor anjing berbulu putih yang ditinggal majikannya dalam mobil di pusat perbelanjaan di Jakarta membuat banyak orang geram.

Kasus ini kerap terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia dan Amerika. American Veterinary Medical Association mengungkapkan bahwa ada banyak tragedi yang terjadi karena hewan peliharaan ditinggalkan sendirian di kendaraan.

Ada banyak alasan mengapa meninggalkan anjing di dalam mobil sangatlah berbahaya.


Hewan peliharaan termasuk anjing dan kucing termasuk mahluk hidup yang butuh oksigen untuk bernapas. Sama seperti manusia, dalam kondisi mobil yang pengap dan panas, bernapas akan jadi semakin sulit dan berat.


Mengutip Huffington Post, temperatur pada mobil yang tertutup bisa meningkat cepat hanya dalam beberapa menit, bahkan pada hari cerah dan jendela yang sedikit terbuka. Hewan yang ditinggal di dalam mobil berisiko terkena sengatan panas.

People for Ethical Treatment of Animal mengungkapkan bahwa sengatan panas ini akan membunuh hewan peliharaan dalam waktu 15 menit.

Hanya saja tak dimungkiri kalau beberapa jenis hewan peliharaan dan lebih berisiko pada suhu ekstrim. Humane Society mengungkapkan bahwa hewan peliharaan dengan tubuh kecil sangat rentan pada suhu tinggi. Beberapa jenis anjing keturunan dengan moncong pendek, misalnya boxers, pugs, dan kucing persia akan sulit bernapas dalam keadaan panas yang ekstrem.

Mereka bisa mengalami kerusakan organ termasuk organ bahkan kematian jika dibiarkan terlalu lama dalam keadaan panas. Kondisi ini sama dengan risiko yang dialami anak kecil.

Bukan hanya panas yang berbahaya bagi hewan di dalam kendaraan, musim dingin pun juga tak kalah bahaya.

"Sebuah mobil bisa dengan cepat mendingin dalam cuaca dingin, ini akan jadi seperti kulkas," kata American Veterinary Medical.

Cuaca dingin juga menimbulkan risiko untuk hewan peliharaan. Untuk menjaga tubuhnya tetap hangat, hewan biasanya akan merangkak naik ke bawah kap mobil. Ini akan jadi masalah jika sang pemilik tak sadar hewan peliharaannya ada di bawah kap mobil.


Selain panik karena panas, lapar, dan haus, hewan peliharaan juga akan merasa gelisah karena tak bisa bertemu dengan pemiliknya dalam jangka waktu lama.

Dalam kondisi normal, artinya, anjing ditinggal di rumah dengan makanan dan minuman yang tersedia, anjing juga akan merasa gelisah dan depresi.

Dikutip dari Buzzfeed, seorang pria pemilik anjing dengan sengaja menyelipkan kamera GoPro ke tubuh anjingnya. Setelahnya, Mike, sang pemilik anjing pergi dari rumah beberapa saat.

Tujuan Mike sederhana, dia hanya ingin tahu apa yang dilakukan anjingnya saat dia tak ada di rumah.

Melihat hasil video rekamannya, Mike pun sedih. Pasalnya dari video tersebut, dia melihat anjingnya kebingungan, melolong seharian, dan kebingungan saat dia ditinggal di rumah.

Anjing Mike hanya berputar-putar ke sekeliling rumah, melihat ke jendela untuk mencari sang pemilik. Si anjing bahkan juga melompat ke kasur sampai akhirnya kelelahan di atas 'bantal' dari tumpukan baju Mike.

"Saya tidak akan akan pernah meninggalkannya lagi," tulis Mike di akun Redditnya.

"Saya sudah memiliki dia selama enam tahun dan hari ini adalah hari pertama saya mendengar dia melolong," katanya.


(chs/chs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER