Mega Travel Card

Tradisi Belanja di 'Sogo Jongkok' Bulgaria

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 06/12/2017 16:23 WIB
Tradisi Belanja di 'Sogo Jongkok' Bulgaria Pemandangan kota Sofia di Bulgaria. (Thinkstock/Sfabisuk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika Indonesia memiliki pasar dengan konsep “Sogo Jongkok”, maka Bulgaria juga punya pasar berkonsep sama. Walau lapaknya berada di dalam bangunan, namun pembeli harus jongkok untuk bisa memilih barang yang dijual.

Konsep “Sogo Jongkok” itu disebut ‘klek shops’. Toko semacam ini banyak ditemui di ibukota Bulgaria, Sofia.

Yang dijual di klek shops beragam, mulai dari makanan sampai pakaian. Tokonya buka dari pagi sampai malam, dan banyak ditemui di pinggir jalan yang ramai.


Klek shops mulai bermunculan sejak pemerintahan komunis di Bulgaria lengser pada tahun 1989. Di era itu, perekonomian runtuh, sehingga banyak penduduk yang membuka usaha.

Yang memiliki apartemen dengan ruang bawah tanah membuka toko dengan konsep klek shops. Dari jendela ruang bawah tanah mereka memajang barang jualannya.

Walau kini semakin banyak pusat perbelanjaan modern di Sofia, tapi klek shops masih terus eksis, karena pemiliknya selalu mewariskan usahanya kepada anak cucunya.

Kalau berkesempatan datang ke Sofia, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu klek shops untuk merasakan sensasi “Sogo Jongkok” di Eropa.

[Gambas:Instagram]

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri saat berwisata belanja di luar negeri. Salah satunya ialah membatasi pengeluaran.

Akan lebih terukur jika berbelanja dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit, sehingga tak perlu membawa banyak uang tunai saat melancong.

Bank Mega menawarkan produk kartu kredit baru, yakni Mega Travel Card.

[Gambas:Instagram]

Kartu kredit ini diklaim memberi nilai tukar yang menguntungkan. Bahkan, jika ada bank yang memberikan nilai tukar lebih murah, Bank Mega bersedia mengganti selisihnya.

Selain itu, semakin sering bertransaksi dengan Mega Travel Card maka mileage point yang dimiliki akan semakin banyak.

Setiap transaksi Rp7.500 akan mendapatkan 1 mileage point. Transaksi di luar negeri mendapatkan 1 point, sementara transaksi di dalam negeri mendapatkan 2 point.

Mileage Point yang didapat juga bisa ditukarkan dengan vpucher hotel, tiket pesawat, paket tour, paket cruise, sampai paket umroh.

Informasi mengenai Mega Travel Card, bisa diketahui lebih lanjut melalui situs resmi www.bankmega.com, atau melalui MEGACALL di 60010 (HP) dan 1500010 (PTSN).

(ard)