Richard Branson Ungkap Kebiasaan Positifnya di Malam Hari

Rahman Indra , CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 00:35 WIB
Richard Branson Ungkap Kebiasaan Positifnya di Malam Hari Jika kebanyakan jutawan sukses punya kebiasaan 'positif' di pagi hari, Richard Branson punya rutinitas malam hari yang tak kalah pentingnya. (Foto: Javier Galeano)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebanyakan CEO dan para jutawan sukses selalu punya kebiasaan 'positif' di pagi hari untuk memulai aktivitas. Namun, pendiri Virgin Group, Richard Branson menganggap rutinitas menjelang tidur di malam hari tak kalah pentingnya.

"Menyusun hari dari saat awal hingga akhir membantu saya untuk fokus, dan menggapai apa yang saya butuhkan," ujarnya lewat blog pribadinya.

Branson mengatakan ia memprioritaskan tidur cukup, yang buatnya antara lima sampai enam jam setiap malam. Namun, sebelum tidur, ada beberapa rutintas yang ia terapkan dan tak kalah pentingnya.


Makan malam sebagai inspirasi

Malam yang dihabiskan dengan baik termasuk momen saat menikmati makan malam, menurut Branson, dipenuhi 'percakapan dan tawa senang.'

"Saya tak dapat gambarkan betapa banyaknya gagasan yang dimulai dari meja makan malam suatu saat di Necker Island, beberapa di antaranyalah yang membawa kondisi label Virgin seperti yang ada sekarang," ungkapnya seperti dilansir dari CNBC, beberapa waktu lalu.

Ketika traveling, Branson kerap mengundang sejumlah pimpinan setempat dan para pembuat perubahan untuk makan malam bersama. Dari gelaran itu, ia dapat belajar tentang lanskap sosial budaya dari negara di mana Virgin beroperasi.

Terkait kebiasaan ini, Branson tak sendiri. Dikabarkan CEO YouTube Susan Wojcicki juga berupaya selalu makan malam di rumah setiap malam, dan pendiri Microsoft Bill Gates juga menikmati saat makan malamnya.


Cek media sosial

Branson melihat media sosialnya di pagi hari, dan juga di saat malam tiba. Katanya, setelah makan malam, ia biasanya akan pergi ke ruang yang sepi dengan secangkir teh dan mengecek email sebentar lalu melihat media sosial.

"Menyelesaikan hari dengan membaca postingn di Facebook, Twitter dan Instagram membuat saya merasa sangat bersyukur," tulisnya.

Namun, online di malam hari kata dia perlu disiasati. Branson memastikan dirinya 'mematikan semua yang berhubungan dengan dunia digital ketika menjelang tidur, sehingga otaknya beristirahat'. Kadang, jika masih ada waktu dan tidak terlalu larut, ia menyempatkkan diri membaca atau menonton dokumenter. "Itu membantu saya untuk lebih rileks dan mendorong pikiran untuk mendapatkan tidur malam yang enak," ujarnya.

Disiplin jam tidur

Branson mengatakan dirinya tidur tak lewat dari jam 11 malam. Ia terbiasa dengan kebutuhan tidur antara lima sampai enam jam setiap hari. (cel/rah)


BACA JUGA