Instagram Bakal Hapus Foto 'Selfie' Penyiksaan Hewan

CNN Indonesia , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 15:35 WIB
Instagram Bakal Hapus Foto 'Selfie' Penyiksaan Hewan Ilustrasi. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak tiga tahun yang lalu, unggahan foto dan video selfie dengan binatang telah merajai media sosial Instagram. Jumlahnya naik sebanyak 294 persen hingga tahun ini. Tapi ternyata banyak pemilik akun yang ketahuan "menyiksa" hewan untuk diajak ber-selfie dengan mereka.

Oleh karena itu Instagram membuat aturan baru, yakni mempersilakan pemilik akun lain untuk melaporkan foto atau video selfie dengan hewan yang dirasa tak pantas. Contoh kasusnya seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Spanyol, ketika sekelompok turis mengangkat bayi lumba-lumba ke darat untuk ber-selfie.

Dilansir dari Lonely Planet, aturan baru tersebut telah diumumkan secara resmi oleh Instagram melalui keterangan resmi yang ditulis dalam blog mereka.

Dalam keterangan resminya, Instagram menjelaskan kalau mereka akan menganalisa setiap tagar (hashtag) yang berhubungan dengan hewan, seperti #kucingselfie #fotogajah.

"Kami sangat tidak mendukung aksi menyiksa hewan. Setiap foto atau video yang diunggah dan bertentangan dengan konsep kelestarian akan kami analisa lebih lanjut," tulis Instagram dalam keterangan resminya.

Selain hewan, Instagram juga bakal menghapus unggahan yang terlihat merusak alam, seperti selfie di tengah kebun bunga liar dengan cara meniduri atau menginjak bunga yang tumbuh sampai rusak.

Kasus ini juga pernah terjadi di Jawa Tengah, saat sekelompok turis datang menginjak-injak kebun bunga amarylis.

Aturan baru Instagram ini sekaligus menanggapi usulan dari kelompok pecinta lingkungan, World Animal Protection, yang mengaku resah dengan aksi eksploitasi alam oleh turis demi mendapat tanda suka di unggahan Instagram.

(ard)