5 Diet ala Seleb yang Baiknya Tak Ditiru

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 11/12/2017 19:15 WIB
Dari mulai raw vegan ala Gwyneth Paltrow, hingga ketogenik Kim Kardashian, beberapa jenis diet populer berkat nama besar pesohor, tapi ada baiknya dihindari. Dari mulai raw vegan, alkali hingga ketogenik, beberapa jenis diet populer berkat nama besar pesohor, tapi ada baiknya dihindari. (Foto: AFP PHOTO / ANGELA WEISS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah selebritas kerap mengumbar kisah suksesnya dalam menjalani diet dan membentuk badan. Sebut saja misalnya Gwyneth Paltrow dengan makanan sayuran mentah, dan Kim Kardashian dengan ketogenik.

Beberapa jenis diet menanjak popularitasnya dalam setahun terakhir. Akan tetapi, tak semua jenis diet sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ada juga beberapa di antaranya yang patut dikulik baik buruknya, dan disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Mengutip dari The Independent, British Dietetic Association (BDA) mengungkapkan setidaknya ada lima jenis diet yang populer oleh para selebritas, tapi ada baiknya dihindari.



1. Raw vegan

Mereka yang menganut diet raw vegan menghindari segala jenis makanan yang berasal dari hewan atau makanan yang sudah dipanaskan dalam suhu di atas 48 derajat Celcius. Deret selebriti yang melakoni diet ini antara lain Gwyneth Paltrow, Megan Fox dan Sting.

Mereka yakin bahwa proses pemanasan makanan bisa menghilangkan enzim alami makanan sehingga tubuh perlu bekerja lebih keras untuk mencernanya. Namun, sebenarnya ada jenis makanan yang justru keluar nutrisinya saat dipanaskan, dan ada beberapa bahan makanan yang tak bisa dimakan mentah.

2. Alkali

Diet ini dipopulerkan oleh Natasha Corrett dari Honestly Healthy. Diet dilakukan dengan makan makanan untuk menjaga keseimbangan pH tubuh. Meski belum ada bukti keberhasilan diet secara ilmiah, Duchess of York dan Tom Bardy melakoni diet alkali. Menurut Cancer Research Inggris, kadar pH makanan tak mempengaruhi pH darah.

"Jadi jika ia bisa menurunkan berat badan, itu karena anda mengurangi karbohidrat," kata Sian Porter dari BDA dikutip dari The Independent, (8/12).

3. Pioppi

Seperti diet mediterania, diet pioppi menyarankan pengikutnya untuk makan makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak, dengan asupan buah, sayur, ikan, serta minyak zaitun yang kaya. Selain itu, konsumsi alkohol harus seminimal mungkin. Bagaimana pun, BDA menyebut orang yang menciptakan diet ini 'membajak' diet mediterania.


4. Ketogenik

Jenis diet ini naik daun berkat Kim Kardashian. Tak hanya istri dari Kanye West, Alec Baldwin dan Kobe Bryant pun turut mempraktikkannya. Diet ini menyarankan orang untuk makan makanan yang tinggi lemak, kandungan protein sedang, dan kandungan karbohidrat rendah.

Diet ini bertujuan membakar lemak untuk menghasilkan energi. Biasanya tubuh memperoleh energi dari proses pembakaran glukosa dari karbohidrat. Namun, menurut Porter, diet keto dikhawatirkan bisa membuat tubuh kekurangan serat. Sementara tubuh bisa menurunkan berat badan, ke depan orang akan kesulitan untuk menjaganya.

"Hal yang aneh adalah orang mengatakan bahwa diet keto bisa menyembuhkan kanker, itu benar-benar tidak bisa," ujarnya.

5. Suplemen nutrisi ala Katie Price

Bintang televisi Inggris, Katie Price merilis suplemen dan makanan pengganti. Produk ini termasuk serbuk minuman untuk sarapan yang diklaim mampu memulihkan kondisi dan menghidrasi tubuh. Akan tetapi BDA tidak menyarankan orang untuk menurunkan berat badan dengan pengganti makanan dan penekan nafsu makan. (rah/rah)