7 Kegiatan Wisata Akhir Tahun di Skotlandia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 12/12/2017 16:09 WIB
7 Kegiatan Wisata Akhir Tahun di Skotlandia Seniman pahat, Darren Jackson, dalam pameran 'The Ice Adventure: A Journey Through Frozen Scotland' di Skotlandia. (AFP PHOTO / Andy Buchanan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Skotlandia menyimpan banyak potensi wisata. Tak hanya mendaki dataran tingginya yang menghijau, negara ini juga memiliki banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan turis.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ialah kegiatan wisata menarik yang bisa dilakukan di Skotlandia:


1. Berenang dengan hiu


Di Skotlandia, ada agen perjalanan yang menawarkan berenang dengan hiu di malam hari di perairan Inner Hebrides. Paket perjalanan ini biasanya dilakukan pasa musim gugur di saat kawanan hiu dan paus melintas untuk bermigrasi. Hiu Penjemur, merupakan salah satu spesies yang menarik untuk diamati di sana.

2. Maraton di Hutan

Jika biasanya lomba lari maraton digelar pada pagi sampai siang hari, di Skotlandia kegiatan ini dilakukan pada malam hari. Rutenya sepanjang 25 kilometer di Hutan Glen Tanar, yang masih berada dalam kawasan Dataran Tinggi Skotlandia.

[Gambas:Instagram]

3. Menatap bintang

Tak banyak orang yang menghuni kawasan Galloway Forest Park, sehingga setiap malam jalanan di sana selalu gelap. Meski demikian, suasana tersebut membuat kegiatan menatap bintang di Dark Sky Observatory jadi lebih syahdu, karena tidak ada polusi cahaya yang mengganggu.

Bagi yang ingin melihat Cahaya Utara, kawasan Shetland juga bisa dikunjungi.

4. Berkemah

Kegiatan menatap bintang juga bisa dilakukan sambil berkemah, tepatnya di kawasan Isle of Coll. Area favorit para turis untuk bermalam di sana ialah Arinagour.

[Gambas:Instagram]

5. Festival Viking Api

Setiap bulan Januari, digelar Festival Viking Api di kawasan Shetland Island. Ribuan orang bakal memadati lokasi untuk melihat pembakaran instalasi kapal Viking.

6. Matahari terbenam

Pemandangan matahari terbenam bakal lebih indah jika disaksikan dari objek wisata sejarah Maeshowe. Selama tiga minggu di bulan Desember, matahari terbenam biasanya bakal menyinari objek wisata berbentuk benteng itu, sehingga pemandangannya bakal lebih surealis.

7. Hutan cahaya

Setiap akhir tahun, Hutan Faskally di kawasan Perthshire bakal dihiasi oleh lampu-lampu cantik, sehingga pemandangannya lebih temaram. Turis yang datang bisa berfoto atau sekadar berjalan ke dalam hutan yang bernuansa romantis.

(ard)