Lama Umur Simpan Daging di Dalam Freezer

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 13/12/2017 08:28 WIB
Lama Umur Simpan Daging di Dalam Freezer Berapa lama daging bisa awet bertahan di freezer? Anda mungkin tak menyangka bahwa daging bisa disimpan jauh lebih lama dari yang dibayangkan. (Foto: Thinkstock/JackF)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lemari es memang jadi salah satu benda ajaib yang sangat membantu kehidupan rumah tangga. Selain bisa membantu mendinginkan air, lemari es, khususnya freezer kerap jadi andalan untuk menyimpan bahan makanan yang cepat busuk.

Tak cuma sayur, buah, dan telur, aneka daging sapi, ayam, dan ikan juga tak ketinggalan disimpan dalam lemari es. Khusus aneka daging, penyimpanan harus dilakukan di freezer.

Sayangnya, begitu sudah masuk freezer, beberapa orang kerap lupa masih punya daging simpanan. Alhasil, daging sapi, ayam, atau ikan pun sudah 'membatu' jadi es.



Coba hitung berapa kali Anda melakukan hal ini? berapa kali Anda membuang daging beku karena sudah tak yakin daging ini sudah berapa lama ada di freezer, apakah masih layak olah atau tidak.

Namun sebenarnya, berapa lama daging bisa awet bertahan di freezer? Mengutip Huffington Post, Anda mungkin tak menyangka bahwa daging bisa disimpan jauh lebih lama dibanding perkiraan.

Berdasarkan data dari USDA, ayam atau unggas yang sudah dimasak bisa bertahan di freezer sampai 4 bulan. Sedangkan jika belum dimasak, potongan daging unggas di freezer bisa bertahan sampai 9 bulan, dan unggas utuh bisa sampai 12 bulan.


Sedangkan untuk daging, daging yang sudah dimasak bisa bertahan sampai 2-3 bulan. Jika dagingnya belum dimasak maka bisa bertahan sampai 4-12 bulan. Sedangkan daging cincang mentah bisa bertahan sampai 3-4 bulan.

Untuk menghindari kebingungan penyimpanan, ada baiknya untuk memasukkan daging dalam plastik zip dan menuliskan tanggal penyimpanannya. (chs/chs)