Kedatangan Kapal Pesiar, Surabaya Semakin Diramaikan Turis

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 13/12/2017 16:41 WIB
Kedatangan Kapal Pesiar, Surabaya Semakin Diramaikan Turis Ilustrasi. (Thinkstock/Rawpixel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal pesiar Genting Cruise asal Hong Kong berlabuh di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada Selasa (12/12).

Kapal yang memiliki panjang 300 meter itu mengangkut sebanyak 400 orang tamu. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meluangkan waktunya untuk memberikan sambutan di atas kapal. 

Dalam sambutannya, ia mewakili masyarakat Surabaya mengucapkan selamat datang untuk seluruh awak dan penumpang Genting Cruise.


"Sangat bangga, kalian datang ke kota sarat akan sejarah," kata Risma.

Risma mengaku terkesan dengan usaha pemerintah kota dan dinas pariwisata Surabaya untuk mempromosikan potensi wisata di Kota Pahlawan, sehingga semakin banyak turis dari dalam dan luar negeri yang datang berkunjung.

"Dalam setahun bisa ada enam kapal pesiar yang bersandar di Surabaya. Hingga bulan ini, sudah ada 6.000 orang turis yang datang. Jumlah tersebut melampaui target kami tahun ini," ujar Risma.

Tak hanya menyediakan pelabuhan dengan beragam fasilitas, Risma juga ingin menambah jumlah pemandu wisata dan memperbaharui fasilitas di objek wisata, seperti taman dan museum.

"Utamanya kami ingin membuat turis yang datang merasa nyaman saat berada di surabaya," ujar Risma.

"Semakin banyak turis yang datang akan meningkatkan pajak penerimaan daerah," lanjutnya.

Surabaya menawarkan beragam paket tur untuk menyambut turis yang datang, Paket turnya ialah wisata museum, wisata religi, wisata budaya, wisata seni, dan wisata taman.

Dengan paket tersebut, Risma ingin agar turis bisa berkunjung lebih lama di Surabaya, tidak lagi hanya setengah hari tapi mungkin bisa seharian atau lebih. (dik/ard)