Teh Celup di Kantor Punya Banyak Bakteri daripada Toilet

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 15/12/2017 16:17 WIB
Teh Celup di Kantor Punya Banyak Bakteri daripada Toilet Studi dari Initial Washroom Hygiene mengungkapkan bahwa kantong teh celup di kantor memiliki kuman 17 kali lebih banyak dibanding dudukan toilet. (condesign/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat hujan turun dan AC kantor semakin membuat udara dingin, ini saat yang tepat untuk mulai menyeduh secangkir teh hangat.

Namun ada baiknya saat membuat teh, pakailah teh khusus milik Anda sendiri. Pasalnya, sebuah studi mengungkapkan bahwa teabag atau teh celup milik umum yang ada di pantry kantor ternyata mengandung banyak kuman.

Studi dari Initial Washroom Hygiene mengungkapkan bahwa kantong teh celup di kantor memiliki kuman 17 kali lebih banyak dibanding dudukan toilet.



Jumlah rata-rata kuman di kantong teh kantor adalah sekitar 3.785. Sedangkan di dudukan toilet hanya 220.

Bagaimana mungkin kantong teh celup bisa memiliki begitu banyak kuman, bahkan dibanding toilet?

Mengutip Independent, hal ini disebabkan oleh banyaknya orang di kantor yang mengambil kantung teh celup dalam wadah. Percaya atau tidak, banyak orang yang masih enggan untuk mencuci tangan sebelum membuat minuman atau mengambil makanan.

Jajak pendapat dari studi yang menganalisis jumlah bakteri di peralatan dapur ini mengungkapkan bahwa 80 persen dari 1.000 orang yang bekerja di kantor tak berpikir untuk mencuci tangan saat ingin membuat minuman sendiri atau minuman untuk orang lain.

Bayangkan jumlah bakteri yang mungkin menempel bila ada banyak tangan kotor yang memegang kantong teh celup dan peralatan dapur lainnya.

"Pikirkan jumlah tangan yang berbeda-beda menyentuh berbagai benda seperti pegangan ketel, kantong teh, cangkir, dan lainnya, potensi kontaminasi silang akan benar-benar bertambah," kata Peter Barrat dari Initial Washroom Hygiene.

Selain kantong teh celup, kuman juga banyak tersimpan di berbagai peralatan dapur lainnya.

Dalam temuan di studi ini, ada 2.483 kuman di pegangan ketel, 1.746 di pinggir cangkir bekas pakai, dan 1.592 di pegangan pintu lemari es.


Kuman-kuman ini kemungkinan akan menyebarkan norovirus. Norovirus ini diketahui menyebar dengan cepat melalui sentuhan di permukaan yang terkontaminasi atau makan makanan yang penuh bakteri.

Pastikan Anda untuk melakukan pencegahan dengan mencuci tangan, membersihkan permukaan peralatan, dan mencuci pakaian yang berisiko terkontaminasi.

"Pakai tisu antibakteri di permukaan dapur dan bersihkan cangkir secara teratur bisa memberi keuntungan besar untuk menjaga kesehatan."

(chs/chs)