Bandara Exeter Disebut Sebagai Bandara Paling Memuaskan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 15/12/2017 14:36 WIB
Bandara Exeter Disebut Sebagai Bandara Paling Memuaskan Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan data asal Finlandia, HappyOrNot, belum lama ini merilis daftar bandara yang paling memuaskan di dunia. Posisi teratas daftar tersebut ditempati oleh Bandara Exeter di Inggris.

Untuk mengumpulkan data, HappyOrNot menempatkan ratusan mesin survei elektronik di 160 bandara yang beroperasi di 36 negara.

Bandara yang masuk daftar delapan besar memiliki tingkat kepuasan yang tinggi, dalam hal fasilitas dan layanan penunjang kenyamanan penumpang.


Mesin tersebut telah beroperasi sejak bulan November 2016 sampai November 2017.

Sebanyak 158 juta orang pengunjung bandara telah menggunakan mesin tersebut, dengan memberikan tingkat kepuasan mereka atas layanan bandara melalui tombol 'ya' dan 'tidak'.

"Mesin yang ditempakan HappyOrNot di bandara kami sangat efektif untuk menghitung tingkat kepuasan pengunjung. Kami juga jadi bisa mengevaluasi fasilitas dan layanan kami ke depannya. Kami bangga, bandara kami menjadi yang terbaik," kata Matt Roach, Direktur Pengelolaan Bandara Exeter, seperti yang dilansir dari keterangan resmi.

Selain mengumpulkan data mengenai tingkat kepuasan pengunjung, mesin HappyOrNot juga mengumpulkan data mengenai waktu dan hari paling menyenangkan dan paling menyebalkan pengunjung saat berada di bandara.

[Gambas:Instagram]

Data yang dikumpulkan HappyOrNot menunjukkan kalau pukul 9 pagi merupakan waktu paling menyenangkan, sementara pukul 3 sore menjadi waktu paling menyebalkan.

Selasa menjadi hari paling menyenangkan bagi pengunjung bandara, sementara Minggu menjadi hari paling menyebalkan.

HappyOrNot menyimpulkan karena di hari tersebut suasana bandara akan sangat sibuk dan ruwet, sehingga pengunjung menjadi lebih sering menggerutu.

Kesimpulan yang sama juga terdapat dalam data bulan. Juli, di mana musim liburan dimulai, menjadi bulan paling menyebalkan bagi pengunjung bandara.

"Dari sekian banyak bandara di penjuru dunia, bandara yang dinilai paling memuaskan ialah bandara yang petugasnya fasih berbahasa Inggris. Kemampuan petugas berbahasa Inggris, yang menjadi bahasa universal, ternyata juga menjadi faktor kenyamanan sebuah bandara," kata Ville Levaniemi dari HappyOrNot.

[Gambas:Instagram]

Berikut ini ialah daftar lengkap bandara paling memuaskan di dunia versi HappyOrNot:

1. Bandara Exeter, Inggris -- 88.66%
2. Bandara Cork, Irlandia -- 88.45% *
2. Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino, Roma -- 88.45% *
4. Bandara Internasional Dallas Fort Worth, Amerika Serikat -- 87.35%
5. Bandara Internasional Newcastle, Inggris -- 87.05%
6. Bandara London Southend, Inggris -- 86.79%
7. Bandara Cardiff, Inggris -- 86.57%
8. Bandara Internasional Keflavik, Islandia -- 86.35%

Keterangan: (*) = Jumlah nilainya bersaing ketat atau sama.

(ard)