Bertemu PETA, Michael Kors Tak Lagi Buat Fesyen Bulu Binatang

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 19/12/2017 05:02 WIB
Label fesyen Michael Kors dan Jimmy Choo mengumumkan bahwa mereka tidak menggunakan bulu binatang lagi dalam berbagai produk buatannya mulai sekarang. Label fesyen Michael Kors dan Jimmy Choo mengumumkan bahwa mereka tidak menggunakan bulu binatang lagi dalam berbagai produk buatannya mulai sekarang. (Dia Dipasupil/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebijakan untuk meninggalkan penggunaan bulu binatang sebagai aksesori fesyen sudah mulai ditinggalkan. Beberapa label fesyen dunia sudah lebih dulu mengumumkan komitmen mereka untuk tak menggunakannya dalam produk mereka.

Pada Jumat (15/10), label fesyen Michael Kors mengumumkan bahwa mereka tidak menggunakan bulu binatang lagi dalam berbagai produk buatannya.

Tak cuma Michael Kors, kebijakan untuk menghilangkan bulu binatang juga diterapkan oleh label Jimmy Choo, yang barus aja diakuisisi Michael Kors awal tahun ini.



Mengutip WWD, kebijakan untuk bebas bulu binatang ini diambil setelah pertemuan antara ketua dan kepala eksekutif John Idol bertemu dengan organisasi pemerhati hak asasi binatang, People for the Ethical Treatment of Animals (PETA).

John Idol dan senior vice president PETA Dan Mathews mengungkapkan kesepakatan bahwa Michael Kors dan Jimmy Choo tak lagi menggunakan bulu binatang. Kesepakatan ini terjadi setelah melalui banyak protes yang dilayangkan PETA kepada Michael Kors.

Tak dimungkiri bahwa Kors selama ini membuat koleksi kecil yang 'didedikasikan' selama bertahun-tahun.


"Kami sekarang sudah punya kemampuan untuk menciptakan berbagai benda mewah yang cantik dengan menggunakan bulu binatang tiruan," kata Idol.

Label busana mewah ini memutuskan untuk membuat produk bebas bulu per Desember 2018. Hal ini dianggap menandai babak baru dalam perusahan tersebut untuk terus berevolusi dengan menggunakan bahan yang inovatif.

Komitmen tanpa bulu binatang ini sudah dilakukan di koleksi fall 2018 yang akan ditayangkan di New York Fashion Week, February 2018 mendatang.

"Kami akan menunjukkan teknik baru dalam koleksi terbaru kami di show Februari mendatang," kata Michael Kors dalam pernyataannya dikutip dari Metro.

Mathews mengungkapkan rasa gembiranya terkait hal ini. Dia mengungkapkan bahwa keputusan Michael Kors ini merupakan hadiah istimewa untuk binatang-binatang berbulu.

"Kami sangat senang karena perusahaan itu sudah berkembang dan menjauh dari penggunaan bulu. Kami menantikan untuk bisa bekerja sama dengan Michael Kors dalam isu lain di masa mendatang," tandas Mathews.

(chs/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK