Minum Teh Panas Setiap Hari Diklaim Turunkan Risiko Glaukoma

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 18/12/2017 14:08 WIB
Minum Teh Panas Setiap Hari Diklaim Turunkan Risiko Glaukoma Penelitian yang dilakukan di University of California Los Angeles menemukan bahwa peminum teh 74 persen berisiko lebih kecil untuk mengalami glaukoma. (langll/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Minum teh ternyata bukan cuma bisa menghilangkan rasa haus dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Namun menurut penelitian terbaru, secangkir teh hangat bisa menurunkan risiko glaukoma yang kerap diderita orang tua. Penelitian yang dilakukan di University of California Los Angeles menemukan bahwa peminum teh 74 persen berisiko lebih kecil untuk mengalami glaukoma.

Glaukoma adalah gangguan penglihatan yang ditandai dengan adanya kerusakan pada saraf optik akibat tekanan dalam mata. 




Studi ini dilakukan terhadap 1.678 responden. Mereka diberi pertanyaan tentang seberapa banyak mereka minum minuman berkafein dan decaffeinated termasuk soft drink dan es teh.

Mengutip Medical News Today, kepala penulis studi Connie Wu dan koleganya menganalisis data dari 2005-2006 lewat National Health and Nutrition Examination Survey terhadap 10 ribu orang. Data tahun tersebut dipilih karena memiliki diagnosis glaukoma.

Mereka juga melakukan penelitian dengan mengecek berbagai faktor potensial lain termasuk riwayat kesehatan diabetes dan kebiasaan merokok.

"Orang yang minum teh panas setiap hari akan mengurangi kemungkinan didiagnosis glaukoma," kata Anne Coleman, seorang profesor yang melakukan studi tersebut dikutip dari Mirror.

"Menariknya, keterkaitan ini tidak teramati pada konsumsi es teh atau teh panas decaffeinated."

Dia mengungkap bahwa hal ini mungkin terjadi karena adanya flavonoid di dalam teh. Kandungan flavonoid ini dianggap bisa membantu mencegah kanker, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

(chs/chs)