Kuliner Indonesia Dipuji Warga Samoa

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 19/12/2017 16:18 WIB
Kuliner Indonesia Dipuji Warga Samoa Kuliner Indonesia diapresiasi di Samoa. (Thinkstock/ALLEKO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuliner Indonesia makin memesona dunia. Setelah mendapat banyak apresiasi dari penduduk Eropa, kini kuliner Indonesia juga mulai 'menjamah' bagian negara lainnya, termasuk di Apia, Samoa, Polynesia.

Pada Senin (18/12), festival masakan Indonesia pertama diselenggarakan di Apia, Samoa. Festival ini dihadiri oleh orang-orang penting di Apia, termasuk Dr Leao Talalei Tutama yang mewakili Perdana Menteri.

Selain itu, para menteri, anggota parlemen, korps diplomatik, perwakilan organisasi internasional dan friends of Indonesia juga hadir di festival kuliner tersebut.



Uniknya dalam festival kuliner ini disajikan berbagai masakan Indonesia dengan bahan baku yang ada di Samoa. Tak dimungkiri, Samoa sendiri memiliki bahan baku yang mirip dengan bahan baku kuliner Indonesia, sebut saja talas, ubi jalar, ubi kayu, pisang, sukun, nanas, sampai nangka.

Warga Samoa antusias untuk mencicipi makanan IndonesiaWarga Samoa antusias untuk mencicipi makanan Indonesia (Foto: Dok. Istimewa)

Semua bahan baku ini diolah menjadi makanan Indonesia oleh dua orang chef Indonesia yaitu chef Adjie dan chef Jimmy. Kedua chef yang bermukin di Wellington ini mengolah bahan baku tersebut menjadi aneka makanan nusantara seperti gudeg, kolak, dan tekwan. Tak ketinggalan Soto Bandung, es teler, sampai makanan Indonesia paling terkenal di dunia yaitu rendang juga disajikan.


Tamu-tamu yang hadir di festival kuliner Indonesia ini mengaku suka dengan aneka kuliner yang disajikan. Lewat kuliner, para tamu juga mengaku memiliki keinginan besar untuk bisa datang dan mengeksplorasi keindahan Indonesia.

Rasa penasaran untuk berkunjung ke Indonesia ini tak cuma terjadi lewat lidah. Tari-tarian yang dihadirkan oleh Kementerian Pariwisata juga menambah keinginan warga Samoa untuk datang ke Indonesia.

Dua chef Indonesia menyajikan kuliner Indonesia di SamoaDua chef Indonesia menyajikan kuliner Indonesia di Samoa (Foto: Dok. Istimewa)
(chs/chs)