Lowongan Kerja Jadi Koki Ratu Elizabeth di Istana Buckingham

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 28/12/2017 09:46 WIB
Lowongan Kerja Jadi Koki Ratu Elizabeth di Istana Buckingham Ratu Elizabeth membuka lowongan kerja untuk menjadi koki istana di Istana Buckingham yang disebut Demi Chef de Partie di laman resmi istana.(REUTERS/Hannah McKay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para koki muda berbakat mendapat panggilan kerja dari penguasa Inggris, Ratu Elizabeth.

Sang ratu kini membuka lowongan kerja untuk menjadi koki istana di Istana Buckingham. Lowongan kerja ini secara formal disebut sebagai Demi Chef de Partie di laman resmi istana.

Selain beberapa kriteria soal calon koki, dalam laman tersebut dituliskan juga beberapa kompensasi yang menggiurkan termasuk tempat tinggal di Istana Buckingham atau di area dekat kawasan tempat tinggal anggota kerajaan.



Dalam deskripsinya, para pelamar harus memasak untuk berbagai acara resepsi, makan malam kenegaraan, dan juga makan siang staf. Hal ini juga termasuk bepergian ke tempat tinggal anggota kerajaan lain dan memasak untuk berbagai kesempatan istimewa.

Makan dan berbagai pelatihan serta pengembangan diri akan dilakukan oleh bagian rumah tangga kerajaan.

Hanya saja, mengutip Town and Country, gaji koki kerajaan kecil ini masuk kecil. Koki istana hanya dibayar sekitar 20,604 poundsterling atau sekitar Rp374 juta per tahun.

Meski terbilang sedikit, namun ada hal yang mungkin tak bisa tergantikan yaitu kemungkinan untuk melayani anggota kerajaan dan melayani ratu.


Koki baru ini akan melayani berbagai kebiasaan makan khusus di keluarga kerajaan. Ratu memilih menu makanan yang akan disantap berdasar buku menu yang dikirimkan oleh si koki.

Koki juga harus tahu makanan favorit keluarga kerajaan, khususnya sang rati. Ratu Elizabeth adalah seseorang yang fanatik dengan cokelat, namun dia juga penggemar makanan sehat. Camilan biskuit dan teh di pagi hari, lalu sereal atau yogurt untuk sarapan.

Sedangkan makan siang biasanya ratu memilih ikan bakar atau salad dengan ayam, dan sandwich mini di saat minum teh. Di malam hari, ratu biasanya memilih makan malam tradisional dari daging atau ikan lokal. Koki juga wajib tahu makanan yang dibenci ratu yaitu bawang putih.


Selain sang ratu, Pangeran William dan Kate Middleton serta Pangeran Harry juga mempekerjakan staf kerajaan pribadi mereka di awal tahun ini. William, Kate, dan Harry sedang mencari orang untuk mengisi posisi sebagai petugas komunikasi senior.

Lowongan kerja lain di istana yang terbuka untuk umum adalah untuk posisi petugas istana, perwira senior istana di Buckingham, asisten rumah tangga di Kastel Windsor, dan asisten tukang kebun di Royal Lodge. (chs)