Hari Kesehatan Gigi dan Mulut

8 'Pasta Gigi' Jadul, dari Siwak hingga Daun Salam

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 23:03 WIB
8 'Pasta Gigi' Jadul, dari Siwak hingga Daun Salam Sebelum pasta gigi, masyarakat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan beberapa bahan alami, seperti siwak, batu bata hingga arang. (Ilustrasi/daunsalam/Foto: commons.wikimedia.org/W.A.Djatmiko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi menjaga kesehatan gigi dan mulut, setiap orang kini menggunakan pasta gigi dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Namun, merunut sejarahnya, pasta gigi baru ditemukan pada pertengahan abad ke-19. Sebelum itu, masyarakat menggunakan bahan alami dan tradisional yang ada di sekitarnya untuk menjaga kesehatan gigi, di antaranya siwak, batu bata dan lainnya. 

Dirangkum dari sejumlah sumber, setidaknya tercatat delapan bahan alami yang digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sebelum pasta gigi:



1. Siwak

Siwak merupakan sikat gigi yang terbuat dari ranting pohon arok (persic savadora). Ujung dari ranting ini dipotong dan dikupas menyerupai serabut.

2. Batu bata

Sebelum ada pasta gigi, batu bata digunakan untuk merawat kesehatan gigi. Caranya dengan menghaluskan batu bata, lalu gosokkan ke gigi. Setelah itu kumur dengan air, untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa dilakukan dua kali.

3. Arang

Orang jaman dahulu juga menggunakan arang untuk merawat kesehatan gigi dan juga memutihkan gigi. Arang ditumbuk hingga halus, campurkan dengan sedikit air lalu kumur. Maksimal hanya dua kali dalam sebulan agar tidak merusak lapisan pelindung gigi.


4. Daun sirih

Orang yang masih tinggal di pedesaan sering menggunakan daun sirih untuk merawat kesehatan gigi. Biasanya mengunyah daun sirih ditambahkan dengan kapur, pinang, dan juga tembakau.

5. Cengkeh

Cengkeh bermanfaat untuk mengharumkan nafas, pada jaman dahulu orang setelah makan sering mengunyah cengkeh dengan tujuan menghilangkan aroma sisa makanan.

6. Biji buah pinang

Di masa lampau, biji buah pinang kerap digunakan untuk nyirih. Namun juga bisa digunakan sebagai pasta gigi. Mereka biasanya membakar biji buah pinang sampai halus seperti abu, lalu menggosokkannya ke gigi.


7. Daun jambu klutuk

Orang dulu menggunakan daun jambu klutuk untuk membersihkan gigi dengan mengunyahnya. Biasanya daun yang digunakan merupakan daun jambu klutuk muda. Bukan hanya dikunyah terkadang juga ditelan untuk menyegarkan nafas.

8. Daun salam

Ternyata daun salam bukan hanya digunakan sebagai bumbu masak, tapi juga bermanfaat untuk membersihkan gigi. Daun salam ini digunakan dengan cara menggosokkannya ke gigi lalu kumur dengan air hangat sampai sisa daun salam di gigi hilang. (cel/rah)