Ivana Smit, Model yang Tewas Terjatuh dari Lantai 20

Rahman Indra, CNN Indonesia | Kamis, 28/12/2017 11:49 WIB
Ivana Smit, Model yang Tewas Terjatuh dari Lantai 20 Ivana Esther Smit (18) model asal Belanda yang juga pernah meraih peringkat tiga Malaysia Supermodel Search 2014. Kematiannya menyisakan misteri. (Foto: Screenshot via instagram (@ivana_smit))
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar kematiannya yang menyisakan misteri membuat nama Ivana Esther Smit kini ramai dibicarakan. Model asal Belanda yang sejak kecil tinggal di Penang, Malaysia ini ditemukan tak bernyawa dalam keadaan tanpa busana di balkon lantai enam apartemen di Jalan Dang Wangi, Kuala Lumpur pada 7 Desember lalu.

Model berusia 18 tahun ini ditengarai terjatuh dari lantai 20 apartemen di Kuala Lumpur, di kamar malam sebelumnya ia pesta dengan pasangan suami-istri Alexander Amado Johnson dan Luna Johnson. Dilansir New York Post, Luna yang diperkirakan berusia 30-an tahun berteman dengan Ivana.

Lahir di Sittard, bagian selatan Limburg, Belanda, everipedia menyebutkan Ivana lahir dari orangtua berdarah Belanda dan China-Indonesia.



Di usianya tiga tahun, Ivana Smit tinggal dengan kakek-neneknya di Penang. Ia masuk taman kanak-kanak hingga menamatkan studi sekolah menengah atas di Penang pada usia 16 tahun.

Karier modelingnya dimulai sewaktu ia berusia 13 tahun dan pernah menjadi model untuk sejumlah event fashion di Korea dan Taiwan. Ivana Smit juga pernah meraih peringkat 2nd runner up dalam ajang Malaysia Supermodel Search 2014. Saat itu usianya 15 tahun. 

Lewat akun Instagramnya @ivana_smit, model dengan tinggi badan 181 cm itu menyebutkan dirinya sebagai finalis Top Model Belgium 2018. Ia juga memberi penanda akan melanjutkan karier modelingnya dari Malaysia ke Paris.

[Gambas:Instagram]

Sehari sebelum kematiannya, pada 6 Desember, Ivana membagi postingan akan aksi modelingnya untuk label lingerie, Triumph Malaysia. Beberapa postingannya juga kerap menunjukkan aksinya sebagai model, khususnya untuk pemotretan koleksi pakaian dalam.

Dilihat dari feed instagramnya, Ivana tergolong cukup aktif di media sosial. Ada sekitar 305 postingan yang ia bagi pada akun dengan pengikut sebanyak 17 ribu. Selain membagi kesehariannya sebagai model, dan aktivitas lainnya, ia juga kerap menunjukkan hubungan yang ia jalin dengan model Lukas Kramer. 

Dari kronologi yang dilaporkan sejumlah media Malaysia, Ivana pada pukul 07:25 atau beberapa jam sebelum kematiannya sempat mengirimkan foto swafoto pada Lukas.

Selang dua hari setelah kematian Ivana, Lukas membagi postingan gambar kekasihnya itu dan mengungkapkan betapa kehilangannya dia. 

Mengutip Truenet, Ivana dijadwalkan ikut berpartisipasi pada ajang Top Model Belgium 2018 yang akan digelar pada 21 Januari 2018 di Paris.

Kematian Ivana yang menyisakan misteri juga membuat publik bereaksi dan sejumlah netizen mengusung hashtag #Truthforivana untuk mencari kebenaran akan penyebab kematiannya. Beberapa di antaranya juga ingin menguak sisi gelap industri hiburan atau modeling yang kerap tersandung masalah obat-obatan dan lainnya.

Jasad Ivana dipulangkan ke Belanda, Sabtu (23/12) lalu. Otopsi kedua telah dilakukan, dan ditemukan luka-luka yang tidak konsisten dengan luka jatuh. Penyelidikan lebih jauh sedang dilakukan. Pakar patolosi forensik, Van de Groot mengharapkan hasilnya bisa diketahui awal Januari mendatang. (rah/rah)