8 Pilihan Tempat Pesta Tahun Baru di Yogyakarta

Claudea Novitasari, CNN Indonesia | Jumat, 29/12/2017 05:59 WIB
8 Pilihan Tempat Pesta Tahun Baru di Yogyakarta Pemandangan di Candi Borobudur. (CNN Indonesia/Rahman Indra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain Bandung dan Jakarta, Yogyakarta juga menjadi destinasi wisata yang populer di akhir tahun. Ada banyak kegiatan menarik menjelang pergantian tahun di Kota Gudeg ini, mulai dari pesta sampai berkemah.

Bagi yang sudah punya rencana berwisata di Yogya dan sekitarnya, berikut beberapa acara menarik yang akan berlangsung pada 31 Desember 2017:

1. Gebyar Tahun Baru di Monumen Tugu dan Malioboro


Apabila hanya berencana untuk menghabiskan malam pergantian tahun di pusat Kota Yogya, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Gebyar Tahun Baru 2018. Acara akan berlangsung mulai pukul 19.00 di empat titik berbeda, dengan menampilkan Wayang Kulit dan Wayang Golek, Bintang Pantura Jogja, Harmony Musik Kawula Muda, serta Stand Up Comedy.

2. Pesta kembang api di Gunungkidul

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan pesta kembang api di Embung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Pesta kembang api tersebut akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik campursari Sido Rukun Gunungkidul (SRGK) pimpinan Dimas Tedjo.

[Gambas:Instagram]

3. Berolahraga dan menikmati kopi di pantai

Bagi penggemar olahraga ekstrem, seperti selancar dan panjat tebing, dan penikmat kopi, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul juga mengadakan acara menarik untuk menutup tahun 2017. Ada jambore panjat tebing di Pantai Siung yang dijuluki sebagai 'The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta'. Jambore ini dibuka untuk kategori pelajar dan umum.

[Gambas:Instagram]

Sementara di Pantai Wediombo akan berlangsung kompetisi selancar, atraksi kesenian tradisonal, dan ngopi bersama komunitas Kopi Nusantara. Acara bertajuk ‘Wediombo It's Good To SEA You’ tersebut akan ditutup dengan perayaan pesta malam tahun baru.

[Gambas:Instagram]

4. Berkemah di Puncak Becici Bantul

Bagi yang suka berkemah, komunitas @campingjogja membuka paket New Year Camp 2018 di hutan pinus Puncak Becici Bantul. Dari atas Puncak Becici pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan kelap kelip lampu di Kota Yogja sekaligus letusan kembang api yang menghiasi langit.

[Gambas:Instagram]

5. Pesta lampion di Borobudur

Pengelola Taman Wisata Candi (TWC) menyelenggarakan acara bertajuk 'Borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful' di Taman Wisata Candi Borobudur. Acara ini dimeriahkan penampilan dari berbagai pertunjukan seni, budaya, serta musik. Penyanyi Andien Aisyah akan menjadi bintang utama. Di penghujung acara, pengunjung bisa menerbangkan lampion yang membuat suasan malam pergantian tahun menjadi lebih indah.

[Gambas:Instagram]

6. Berdansa musik elektronik 

Sekedar ingin berkumpul bersama teman-teman sambil menikmati bir dan alunan musik elektronik untuk merayakan malam Tahun Baru, bisa datang ke Boshe New Year Eve Party 2018 di Boshe VVIP Club Yogyakarta. Akan ada penampilan spesial dari DJ Matt Watkins.

[Gambas:Instagram]

7. Makan malam mewah di Abhayagiri Restaurant

Bagi yang sudah menyiapkan dana lebih, bisa mengajak orang tersayang untuk menikmati makan malam mewah di Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort. Bertajuk 'Ethnic and Millenial Night', Abhayagiri Restaurant akan menampilkan pertunjukan Sendratari Ramayana. Pengunjung bisa menikmatinya dengan harga mulai dari Rp375 ribu per orang.

[Gambas:Instagram]

8. Musik di Hotel Berbintang

Beberapa hotel berbintang di Yogyakarta menampilkan penyanyi top Indonesia untuk mengisi pagelaran panggung musik pergantian tahun mereka. Hotel Tentrem Yogyakarta menggandeng Raisa dan Vina Panduwinata dalam acara bertajuk 'The Best of 2 DIVAs Concert'.

[Gambas:Instagram]

Sementara di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta akan ada penampilan dari penyanyi Isyana Sarasvati dan Once Mekel pada acara yang bertajuk 'Journey to The Lights New Year's Eve Celebration 2018'.

[Gambas:Instagram]

(ard)