Candi Borobudur Berharap Didatangi 4,7 Juta Turis Tahun Ini

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 02/01/2018 11:56 WIB
Candi Borobudur Berharap Didatangi 4,7 Juta Turis Tahun Ini Candi Borobudur yang berada di kawasan Magelang, Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Rahman Indra)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) menargetkan jumlah pengunjung Candi Borobudur sebanyak 4,7 juta orang pada tahun ini.

"Target pengunjung pada tahun 2018 kami tingkatkan menjadi 4,7 juta wisatawan, dari pencapaian pada tahun 2017 sebanyak 3,8 juta wisatawan," kata Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono di Magelang, seperti yang dilansir dari Antara pada Selasa (2/1).

Edy mengatakan, jumlah pengunjung harus terus ditingkatkan demi mencapai target yang telah dicanangkan pemerintah, yakni sebanyak 2 juta wisatawan mancanegara pada 2019.


Ia menuturkan, salah satu faktor pendukung utama peningkatan pengunjung tersebut adalah akses transportasi ke Yogyakarta.

"Kami sangat berharap nanti Bandara Internasional New Yogyakarta bisa menunjang akses transportasi pengunjung, khususnya wisatawan mancanegara, ke kawasan Borobudur ini," ujar Edy.

Edy menilai, saat ini atmosfer industri pariwisata di kawasan Borobudur sudah mulai terbentuk.

Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan juga mulai ikut berpartisipasi dan merasakan langsung dampak positif dari keramaian pengunjung yang datang.

Tak hanya wisatawan mancanegara, TWC juga berharap wisatawan domestik tak bosan berkunjung ke kawasan Borobudur.

“Tidak hanya bangunan candi, di kawasan ini juga banyak desa wisata yang bisa dikunjungi, sehingga semakin banyak pilihan objek wisatanya,” pungkas Edy.

(ard)