British Council Buka Pendaftaran Beasiswa ke Skotlandia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 03/01/2018 11:08 WIB
British Council Buka Pendaftaran Beasiswa ke Skotlandia Punya cita-cita jadi wartawan? British Council memberikan beasiswa bagi calon jurnalis untuk mengikuti pelatihan intensif dua hari di Edinburgh, Skotlandia. (robarmstrong2/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bisa gratis belajar di luar negeri adalah impian banyak orang. Hanya saja proses ini memang tak mudah. Ada banyak banyak persyaratan dan juga tahapan yang harus dilakukan.

Jalan beasiswa memang jadi incaran banyak orang. Namun beasiswa yang ada di Indonesia bukan cuma satu. Ada banyak jenis beasiswa menarik yang bisa dicoba peruntungannya.

Salah satu jenisnya adalah beasiswa pelatihan jurnalistik British Council dalam program Future News Worldwide.



Dalam program ini, British Council akan membiayai penuh pelatihan jurnalistik di Skotlandia. Beasiswa pelatihan ini mencakup biaya penerbangan, visa akomodasi, makan, dan lainnya yang berkaitan dengan pelatihan.

Dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, program Future News Worldwide dilaksanakan atas kerja sama British Council dengan media terkemuka di dunia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik dan juga membangun jaringan para pemimpin media masa depan di seluruh dunia.

Pelatihan jurnalistik akan diadakan secara intensif di Edinburgh, Skotlandia, Inggris Raya. Pelatihan akan berjalan selama dua hari pada 5-6 Juli 2018. Pelatihan ini akan diikuti oleh 100 orang yang dianggap paling bertalenta, punya motivasi tinggi, dan punya passion terhadap jurnalistik.

Hanya saja, ada beberapa kualifikasi yang dibutuhkan bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkannya.


1. Mahasiswa sarjana atau pascasarjana semua jurusan.
2. Berusia 18-25 tahun pada 1 Juli 2018.
3. Berkomitmen terhadap karier di bidang jurnalisme.
4. Kemampuan bahasa Inggris setara dengan IELTS 6,5 (tak dibutujkan kualifikasi dokumen resmi hanya kemampuan bicara pada level tersebut.)
5. Hadir di Inggris pada 2-8 Juli 2018.
6. Belum pernah ikut berpartisipasi dalam program ini sebelumnya.

Untuk bisa melamar beasiswa ini, Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran online melalui website British Council.

Jka terpilih, peserta harus bisa memenuhi kriteria kualifikasi pelamat misalnya KTP, KTM, dan lainnya.

Sebelum mengisi formulir, pelamar juga harus menyiapkan motivation statement. Selain itu mereka juga harus memberikan reportase tentang politik, lingkungan, teknologi, atau dunia sosial.

Jika Anda tertarik untuk menjadi salah satu calon peserta pelatihan jurnalistik di Edinburgh dari British Council ini, pendaftaran akan ditutup tanggal 28 Februari 2018 mendatang. 


(chs/chs)