Mengulik 10 Pasar Tradisional Terbaik di Dunia

Rahman Indra, CNN Indonesia | Rabu, 03/01/2018 19:37 WIB
Mengulik 10 Pasar Tradisional Terbaik di Dunia Pasar ikan, sayur atau buah di sejumlah negara memberi pengalaman berbeda dibanding saat berbelanja di supermarket. (Foto: REUTERS/Neil Hall)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di antara serbuan supermarket yang semakin bertumbuh, pasar tradisional bagaimanapun memberi sensasi berbeda saat berbelanja. Khususnya bagi yang gemar memasak dalam mengumpulkan bahan makanan yang dibutuhkan. 

Ada berbagai macam pasar di dunia, dari mulai pasar buah, pasar sayur, pasar ikan atau pasar-pasar lainnya. Beberapa di antaranya punya kelebihan tersendiri, seperti Pasar Laboqueria di Jerman, atau Pasar Tsukiji Fish Tokyo, Jepang.

CNN dalam laporannya beberapa waktu lalu mengurut 10 pasar terbaik di dunia yang patut diunjungi jika melancong ke negara tersebut:


1. Pasar Laboqueria, Jerman

Terletak tidak jauh dari boulevard terkenal di Barcelona, La Lambras, pasar ini diyakini sudah ada sejak abad 13, dan khusus menjual babi. Namun kini, pasar ini telah menjadi salah satu pasar terbaik di dunia, dengan ikan sebagai komoditas terbesarnya. 

[Gambas:Instagram]

2. Pasar Tsukiji Fish Tokyo, Jepang

Pasar Tsukiji sebenarnya merupakan pasar buah, sayuran dan ikan tradisional terbesar di Tokyo. Namun, bagi masyarakat Tokyo dan Jepang, Tsukiji Market adalah surganya pecinta ikan. Pasar ini menjadi pasar grosir penjulan ikan terbesar di dunia, yang menampung kurang lebih 2.000 ton hasil laut dan 1.000 ton sayuran dan buah-buahan perhari dari seluruh pelosok daerah, dan didistribusikan ke pasar-pasar dan restoran sekitar Tokyo setiap paginya.

Kegiatan pelelangan sayur, buah-buahan dan hasil laut berlangsung pada pagi-pagi buta. Barang-barang kebutuhan pokok akan mulai berdatangan dari pukul 17:00 hingga pada 03:00 dini hari. Pelelangan akan berlangsung selama dua jam sampai pukul 05:00 pagi, dan barang-barang akan mulai didistribusikan dengan truk-truk ke daerah-daerah sekitar Tokyo mulai dari pukul 05:00 hingga 08:00 pagi.

[Gambas:Instagram]

3. Pasar Union Square, New York

Pada tahun 1970an, Union Square New York City adalah daerah Manhattan yang kumuh dan penuh tindak kriminal, hingga suatu hari para petani mengambil alih pasar ini dan merevitalisasinya. Pasar ini telah berkembang menjadi salah satu yang terbaik di dunia, dengan lebih dari 140 petani regional, penjual ikan, tukang roti dan tukang daging. Pengunjung di pasar ini bisa mencapai angka hingga 60.000 orang pada hari-hari puncak.

[Gambas:Instagram]


4. Pasar Or Tor Kor Bangkok, Thailand

Terletak di Kamphaengphet Road, tepat di seberang Chatuchak Market, pasar Or Tor Kor ini menjual berbagai macam kebutuhan memasak, buah, sayur, bumbu hingga ke manisan, permen bahkan aksesori. Di salah satu sudutnya juga terdapat food court yang menjual makanan khas Thailand. Pasar buka sejak pukul 06:00 hingga 20:00 malam.

[Gambas:Instagram]

5. Pasar St. Lawrence Toronto, Kanada

Pasar yang dibuka pada awal tahun 1800-an ini berlokasi di Kota Tua Toronto. Menjual berbagai macam kebutuhan, pasar yang memiliki 120 vendor ini menjadi tempat favorit bagi warga Toronto. Datanglah ke sini untuk mencicipi makanan segar tradisional, mulai buah hingga seafood, menjelajahi pajangan dan barang antik, serta meningkatkan pengalaman kuliner. Kunjungi pada hari Minggu sehingga berkesempatan menjelajahi stan milik sekitar 80 pedagang barang antik.

6. Pasar Borough London, Inggris

Pasar ini merupakan pasar buah dan sayuran tertua di London dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Terletak di lingkungan Southwark, Borough Market ditengarai telah beroperasi sejak 1755, tapi ada juga yang menyebutkan sejak abad ke-13. Mengkhususkan diri pada produk dan buah-buahan buatan lokal, keju buatan tangan dan roti tawar, pasar ini mejadi pasar grosir yang melayani banyak restoran dan pemasok di London. Pasar segar ini buka dari hari Senin sampai Sabtu dari pukul 10:00-17:00.

[Gambas:Instagram]

7. Pasar Kreta Ayer Wet, Singapura

Menyajikan produk segar seperti katak dan kura-kura hidup, telur awetan, tanaman herbal China hingga produk tahu. Di lantai atas pasar segar ini ada food court yang menyajikan berbagai kuliner lokal. Pasar menyajikan beragam sayuran Asia segar, mulai dari bok choi sampai jumlah choi, serta bahan-bahan eksotis seperti katak hidup dan kura-kura, telur yang diawetkan, obat herbal Cina dan sejumlah produk tahu.

[Gambas:Instagram]


8. Pasar Lancaster Pennsylvania, Amerika Serikat

Pasar ini merupakan pasar tertua di Pennsylvania beroperasi sejak tahun 1730 dan diberi status tetap oleh King George II pada tahun 1742. Berlokasi di pusat negara Amish di Lancaster, Pennsylvania. wisatawan berkumpul di sini untuk membeli produk kerajinan tangan dan makanan yang dibuat oleh komunitas Amish lokal. Hingga kini pasar tersebut masih terus popular dan selalu dipadati wisatawan.

9. Pasar Provencal, Perancis

Terletak di kota tua bersejarah Antibes, Marché Provencal penuh dengan bahan-bahan gourmet dari wilayah Provence di Perancis. Pengunjung dapat belajar memasak masakan Perancis dengan makanan khas setempat, termasuk foie gras, madu, lavender segar, anggur dan keju, makanan buah dan rempah-rempah harum. Pada sore hari pengrajin lokal menampilkan karya mereka, mulai dari keramik sampai ukiran kayu hingga lukisan. Pembeli juga bisa duduk menikmati kopi di salah satu kafe terdekat yang menawan atau menuju absinthe bar.

[Gambas:Instagram]

10. Pasar Kowloon Hong Kong

Pasar di kawasan Kowloon merupakan favorit bagi turis maupun penduduk lokal, khususnya bagi foodie karena di sini terdapat bahan-bahan berkualitas tinggi, termasuk daging impor segar, ikan dan tumpukan sayuran hijau yang sempurna. Di pasar basah itu sendiri ada pusat makanan yang dimasak yang menyajikan makanan Kanton yang sangat lezat dan beragam hidangan Thai yang tidak terlalu pedas. (nad/rah)


ARTIKEL TERKAIT