8 Langkah Diet 'Praktis' ala Sharon Stone

Elise Dwi Ratnasari , CNN Indonesia | Sabtu, 13/01/2018 11:47 WIB
8 Langkah Diet 'Praktis' ala Sharon Stone Menghindari alkohol, dan lebih memilih memasak makanan sehat di rumah menjadi cara aktris Sharon Stone dalam menyiasati tubuh idealnya. (Foto: AFP PHOTO / VALERIE MACON)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kadang usia menurut kalender tak sejalan dengan tampilan fisik. Tengok saja aktris senior Sharon Stone. Di usianya yang sudah menginjak kepala enam, tampilannya saat bertandang ke ajang Golden Globe Awards 2018 beberapa waktu lalu bak wanita 45 tahun.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa usaha yang ia kerahkan untuk memiliki penampilan demikian. Stone tak memiliki motivasi untuk awet muda, justru ia memilih untuk menua. Pengalaman dengan brain hemorrhage atau pendarahan otak membuatnya sangat peduli akan kesehatannya sejak 2001 silam. Brain hemorrhage atau pendarahan otak ini membuatnya harus belajar berjalan dan bicara selama dua tahun.

"Saya tidak memilih untuk membuat tua itu negatif. Saya memilih untuk menua. Menua adalah tujuan saya...Saya di ICU selama 9 hari dan tingkat harapan hidup saya sangat rendah. Saya tak perlu orang untuk membuat saya merasa buruk dengan menjadi tua. Saya katakan padamu apa yang membuatmu merasa buruk: saat kamu pikir kamu tidak bisa (tua)," katanya pada The Hollywood Reporter, beberapa waktu lalu.
Ia pun mencanangkan bahwa kesehatan adalah prioritas. mengutip dari Good House Keeping, ada tips-tips sederhana diet ala Stone.

1. Tak ke gym, bak mandi pun jadi

Stone rutin melakukan olah raga dengan berbagai variasi sesuai kebutuhan. Total dalam seminggu ia melakukan olah raga selama 24 jam. Ini pun dibagi ke dalam empat sampai lima sesi olah raga dalam seminggu.

Untuk jenis olah raganya, ia bisa mengkombinasikan pilates, peregangan tubuh, yoga dan dance atau senam. Saat tidak memungkinkan untuk berolah raga di gym, ia pun memanfaatkan bathub alias bak mandi. Stone melakukan latihan dengan mengangkat kaki sembari duduk di bak mandi.

2. Hindari alkohol, kafein, dan gluten

Terdengar berat, tapi menghindari alkohol, kafein dan gluten memang mendatangkan perubahan besar dalam hidupnya. Stone bercerita, ia mulai dengan mengurangi porsinya. Namun, tujuh tahun lalu, ia menjalani traning dan ingin benar-benar berhenti.

"Saya melihat Madonna, kami seumuran, dan saya bertanya pada trainer saya, 'Apa yang tidak saya kerjakan? Temukan apa yang dia lakukan!' Dia kembali dan berkata 'Saya pikir dia tidak minum alkohol.' Jadi saya memutuskan untuk mencoba berhenti minum alkohol selama 3 bulan. Dan saya melihat ada perbedaan besar!" ujarnya dikutip dari Good House Keeping, (8/1).

Ia pun menghindari makanan yang mengandung gluten. Kafein pun ia hindari dengan tidak minum kopi dan hanya minum teh tanpa kafein.

3. Masak makanan sehat di rumah

Pola diet yang ia jalani kini memang benar-benar berbeda sejak ia tumbuh di Pennsylvania pada 1970. Dulu makanan yang dikonsumsi kebanyakan kentang tumbuk atau mash potato dan saus. Kini, ia banyak mengonsumsi makanan berglikemik rendah seperti quinoa, lentil (sejenis kacang) dan sayur-sayuran.

"Saya tidak banyak makan makanan yang diproses, walau saya belum bisamenghilangkan pikiran soal keripik kentang di otak saya," katanya pada WebMD. 

4. Terinspirasi Arnold Schwarzenegger 

Sempat beradu peran dengan aktor Arnold Schwarzenegger, rupanya membuat Stone harus berjuang keras membentuk tubuh. Ia harus berperan sebagai istri Schwarzenegger dalam film 'Total Recall' pada 1990. Mengenal aktor kawakan ini membuatnya sadar bahwa rutinitas olah raga bisa mengubah segalanya.

"Saya harus mengangkat beban yang berat dan melakukan karate berjam-jam setiap hari," katanya.


5. Menyediakan waktu bersama keluarga

Stone memiliki tiga putra yakni Quinn Kelly (10), Laird Vonne (12) dan Roan Joseph (16). Semuanya telah beranjak remaja sehingga ia tak memilih untuk tidak terlalu banyak menyibukkan diri dengan pekerjaan sehingga ada banyak waktu tercurah untuk keluarga. Ini rupanya membuahkan hasil manis.

"Saya sangat bangga mereka jadi pria-pria muda seperti sekarang. Mereka baik dan hangat dan lucu dan cerah dan menarik. Dan mereka punya karakter yang bagus," katanya pada AARP.

6. Berjiwa sosial

Selain berkarir sebagai aktris, Stone juga dikenal sebagai aktivis yang aktif mengerjakan proyek sosial termasuk pencegahan HIV/AIDS di seluruh dunia, mendukung veteran Amerika Serikat, proyek bidang pendidikan, dan membantu penyediaan air bersih untuk negara dunia ketiga.

"Saya telah menghadirkan manusia dan anak-anak saya adalah prioritas daripada drama Hollywood, disukai orang dan ambil bagian dari sebuah film," katanya.


7. Perawatan kulit yang simpel

Apa rahasia cantik Stone? Rupanya bukan perawatan dengan produk kecantikan supermahal atau ke salon setiap hari. Ia hanya rutin memakai masker. Selain itu, ia rajin menggunakan pelembab, setiap pagi dan malam. Hal ini diajarkan oleh sang ibu yang juga rutin merawat kulit.

8. Tubuh sehat, jiwa pun sehat

Tak hanya kesehatan fisik, Stone juga tak melupakan bahwa ia juga perlu punya psikis yang sehat pula. Pola makan sehat dan olah raga teratur sudah jadi rutinitasnya. Di samping itu, ia juga banyak tidur, bernapas dalam, dan merawat taman yang ia miliki. (rah/rah)




BACA JUGA