Cara Urus Paspor yang Hilang saat Berwisata

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 12/01/2018 12:08 WIB
Cara Urus Paspor yang Hilang saat Berwisata Kawasan Oxford Street di Inggris yang selalu ramai turis. (AFP PHOTO/ Daniel LEAL-OLIVAS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di London mengimbau warga Indonesia yang tengah berada di Inggris atau Irlandia untuk selalu menjaga dokumen perjalanannya demi menghindari kasus kehilangan yang belakangan ini sering terjadi.

Hal itu disampaikan Pejabat KBRI London Gulfan Afero, yang mengatakan kalau banyak warga Indonesia kehilangan paspor saat tengah berada di keramaian kota.


“Sebaiknya tidak membawa paspor ke luar rumah jika dirasa tak penting. Kalau mengalami kehilangan, segera membuat laporan di kantor polisi setempat,” kata Afero, seperti yang dikutip dari Antara.


Afero melanjutkan, warga Indonesia yang kehilangan paspor dan telah memiliki surat laporan kepolisian setempat agar segera mengontak KBRI London untuk mengajukan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).


Pengajuan SPLP ini juga bisa dilakukan secara online, yakni melalui situs KBRI London (https://consular.indonesianembassy.org.uk/splp/).

Syarat pengajuan SPLP ialah surat laporan kepolisian setempat saat kehilangan (Inggris atau Irlandia) serta foto ukuran paspor dengan latar belakang berwarna putih.

Akan lebih membantu jika warga Indonesia yang mengajukan SPLP juga memiliki asuransi perjalanan.

KBRI London dapat dihubungi via nomor darurat KBRI London +447881221235 atau +44 7795105477.

(ard)