Vogue Tak Lagi Pakai Foto Mario Testino dan Bruce Weber

Puput Tripeni Juniman , CNN Indonesia | Minggu, 14/01/2018 17:11 WIB
Vogue Tak Lagi Pakai Foto Mario Testino dan Bruce Weber Anna Wintour, pemimpin redaksi majalah fesyen Vogue mengambil tindakan atas dugaan pelecehan seksual yang menimpa fotografer Mario Testino dan Bruce Weber. (Foto: REUTERS/Suzanne Plunkett)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru-baru ini, New York Times mengeluarkan laporan adanya dugaan pelecehan seksual yang dilakukan dua fotografer fesyen ternama Mario Testino (63) dan Bruce Weber  (71), yang dibantah oleh keduanya.

Baik Testino maupun Weber sama-sama merupakan fotografer andalan bagi majalah fesyen terkemuka yang diterbitkan Condé Nast seperti Vogue, Allure, Vanity Fair, sejak beberapa tahun lalu. Anna Wintour, pemimpin redaksi Vogue dan Direktur Artistik Condé Nast mengeluarkan tanggapan resminya yang kemudian dimuat di laman Vogue, pada Minggu (14/1).

"Keduanya merupakan teman saya dan sudah berkontribusi besar untuk Vogue dan produk lainnya di Condé Nast selama bertahun-tahun, dan sudah membantah tuduhan tersebut. Saya percaya dengan nilai penyesalan dan pengampunan, tapi saya menganggap serius tuduhan ini, dan kami di Condé Nast telah memutuskan untuk berhenti bekerja sama dengan keduanya di masa depan," kata Anna Wintour, seperti dikutip dari Vogue.


Wintour juga mengungkap Condé Nast mengubah beberapa aturan bagi para model dan fotografer. Mulai dari usia yang mesti di atas 18 tahun, pelarangan penggunaan alkohol, hingga aturan foto dengan baju yang terbuka.

"Setiap foto yang melibatkan ketelanjangan, lingerie, pakaian dalam, pakaian renang, penggunaan obat dan alkohol, atau pose seksual harus disetujui terlebih dahulu oleh subjek," tulis Wintour.

[Gambas:Instagram]

Tuduhan terhadap para fotografer papan atas ini berawal dari sejumlah tuduhan. Sebanyak 15 model dan mantan model menuduh Weber seringkali melakukan foto telanjang yang tak perlu dan melakukan paksaan perilaku seksual saat melakukan pemotretan.


Sementara 13 asisten dan model yang bekerja untuk Mario Testino dari pertengahan 1990-an juga memberikan kesaksian. Mereka menuduh Testino, telah memaksa mereka pada tindakan seksual seperti meraba-raba dan masturbasi. 

Dalam akun Instagram resminya, baik Mario Testino maupun Bruce Weber kerap membagi postingan hasil foto mereka, baik untuk editorial majalah maupun koleksi khusus yang menampilkan seri 'tanpa busana'. Testino bahkan populer dengan seri foto 'handuk' di mana para model pria, dan juga wanita tampil sensual hanya dengan handuk putih kecil. (rah)