InFrame

Aturan Penting dalam Menangkap Foto Bercerita

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 17/01/2018 16:00 WIB
Aturan Penting dalam Menangkap Foto Bercerita Salah satu hasil foto Adhi Wicaksono dalam Galeri Foto 'Pencarian Jati Diri Umat Yahudi'. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya indah, foto yang dinilai bagus juga memiliki unsur cerita yang kuat. Foto-foto perjalanan hidup seseorang atau kondisi perang biasanya memiliki unsur ini. Picture speaks louder than words, begitu ungkapan populernya.

Jurnalis foto CNNIndonesia.com, Safir Makki, menjelaskan bahwa foto cerita bisa berupa tunggal atau rangkaian. Bisa diambil saat terjadinya momen atau timeless.

Konsep foto cerita rangkaian bisa ditemukan dalam Galeri Foto milik CNNIndonesia.com. Dari foto pertama sampai terakhir menjalin cerita mengenai suatu tema.



Sederhananya, foto cerita bukan cuma dokumentasi momen.

“Kemudian bisa menambahkan narasi dalam foto sebagai bentuk penjelasan kepada pembaca, agar mengerti jalan cerita foto yang dirangkai,” kata Safir.

Ia lanjut mengatakan, untuk membuat foto cerita yang timeless, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Yang pertama, tentukan tema dan mulai riset sebanyak-banyaknya, bisa dari buku sampai internet.

Hasil foto Adhi Wicaksono dalam Galeri Foto 'Menjalankan Yudaisme Di Indonesia'. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Kedua, survei lokasi. Selain mengajukan izin kepada pengelola tempat (jika ada), pertimbangkan juga sudut yang sekiranya menarik untuk difoto.

Hal itu perlu dilakukan sehingga proses pengambilan gambar jadi lebih teratur. Bisa juga menuangkan ide dalam bentuk bagan cerita (storyline).

Selain sudut pengambilan gambar, pertimbangkan juga waktu pemotretan. Cahaya yang alami akan lebih menarik dibanding polesan filter komputer di sana-sini.

“Usai mengambil gambar, perhatikan satu persatu hasil foto yang didapat. Runutkan hingga menjadi cerita yang dirasa pas dan mudah dimengerti orang awam,” ujar Safir.


Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut konsep foto cerita, jurnalis foto CNNIndonesia.com Adhi Wicaksono dan Safir Maki akan berbagi ilmu dalam kelas fotografi kedua CNNIndonesia.com yang bernama Cekrak-Cekrek.

Kelas fotografi Cekrak-Cekrek digelar dua kali, yaitu pada 3 dan 10 Februari 2018 di kantor CNNIndonesia.com, Gedung Transmedia Jln Kapten P. Tendean, Jakarta Selatan.

Pada sesi 3 Februari, peserta akan mendapatkan dasar-dasar perencanaan dan teknik foto cerita, sementara pada sesi 10 Februari peserta belajar mengenai penyuntingan foto dan tata letak. Setelah sesi pertama, peserta akan memiliki waktu beberapa hari untuk mengambil foto cerita.

Pendaftaran untuk mengikuti acara ini gratis dan terbatas hanya untuk delapan peserta yang berasal dari mahasiswa dan umum.

Peserta kelas fotografi yang karyanya lolos seleksi bakal ditampilkan di Galeri Foto Wisata CNNIndonesia.com dan semua peserta akan mendapatkan sertifikat.

[Gambas:Video CNN]

Syarat & Ketentuan mengikuti kelas fotografi Cekrak-Cekrek:

1. Foto yang dikirimkan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan atau pencemaran nama baik

2. Peserta wajib mengunduh aplikasi CNNIndonesia.com, serta follow akun Instagram @CNNIndonesia

3. Peserta wajib me-regram banner promo acara Cekrak Cekrek (kelas fotografi) CNNIndonesia.com

4. Peserta sudah memahami alat yang digunakan dan menguasai teknik fotografi (sudah memiliki keahlian dasar teknik fotografi). Peserta kelas fotografi adalah mahasiswa dan kelompok umum.

5. Pada form pendaftaran, peserta mengirimkan tiga karya terbaik (single photo) dan rangkaian foto cerita yang pernah digarap terdiri atas 10 foto. Masing-masing foto tak lebih dari 120 KB dan kemudian disatukan ke dalam satu folder yang di-zip.

6. Pada form pendaftaran, peserta juga mencantumkan rencana singkat (l.k. 300 kata) foto cerita yang akan digarap saat workshop.

7. Pendaftaran paling lambat tanggal 24 JANUARI 2018 pukul 17.00 WIB

8. Beberapa foto cerita terbaik akan ditayangkan di "Galeri Foto" CNNIndonesia.com.

9. Dengan mengisi pendaftaran ini, maka peserta telah dianggap menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

10. Syarat dan Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan dan persetujuan peserta.

Informasi lebih lanjut bisa dipantau melalui akun Twitter, Facebook dan Instagram resmi CNNIndonesia.com. Untuk mengisi form pendaftaran klik di bawah.

Aturan Penting dalam Menangkap Foto Bercerita
(ard)