Tips Mengakali 'Nasib' Uang Koin dari Luar Negeri

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 19/01/2018 19:30 WIB
Tips Mengakali 'Nasib' Uang Koin dari Luar Negeri Ilustrasi. (Thinkstock/Walencienne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai berwisata dari luar negeri, pasti turis membawa banyak uang koin dari negara yang dikunjungi. Hampir tidak ada bank atau penjual valuta asing yang mau menerima penukarannya ke mata uang lokal, karena nilainya dianggap tak berharga.

Jangan menyesal telah membawa pulang banyak uang koin dari luar negeri, karena berikut ini ada beberapa tips untuk mengakali "nasibnya" menjadi lebih berharga:

Gunakan semaksimal mungkin


Selama masih berada di luar negeri, gunakan uang koin semaksimal mungkin. Misalnya untuk mengisi kartu kereta, jajan kaki lima, memberi tip, atau membeli oleh-oleh.

Tukar di bandara

Sebelum kembali ke negara asal, jangan lupa untuk bertanya kepada penjual valuta asing di bandara tempat wisata mengenai kemungkinan menukar uang koin. Jika nilainya cukup besar, biasanya mereka mau menerimanya.

Bisa juga bertanya kepada penjaga toko yang buka di bandara, karena kemungkinan mereka malah mencari uang koin untuk dijadikan kembalian.

“Jual” kepada teman

Jika terlanjur sampai negara asal dan belum sempat menukar uang koin, bisa juga menyimpannya untuk dijual kepada teman yang hendak berwisata ke negara yang sama.

Koleksi

Sama seperti perangko, uang koin juga bisa dikoleksi. Bingkai uang koin dalam album atau pigura, lalu berikan kepada keluarga atau kerabat. Bisa juga dipajang di rumah sebagai kenang-kenangan perjalanan.

(ard)