8 Makanan yang Kurangi Risiko Kanker Payudara

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 22/01/2018 10:40 WIB
8 Makanan yang Kurangi Risiko Kanker Payudara Sejumlah makanan dapat mencegah kanker payudara, dari mulai brokoli, minyak zaitun hingga persik. (Foto: REUTERS/Nancy Harmon Jenkins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain gaya hidup sehat, seseorang dapat mencegah kanker dengan menjaga asupan makanannya. Beberapa studi kesehatan mengurut sejumlah makanan yang kandungannya berkhasiat untuk mencegah kanker, khususnya kanker payudara.

"Seorang wanita dapat mengurangi kemungkinan kanker hingga dua pertiga, melalui nutrisi dan manajemen berat badan yang baik," ungkap profesor di Scool of Medicine University of California Cheryl L Rock, seperti dilansir dari Eating Well.

Di antara makanan itu, ada sayuran seperti brokoli dan seledri, dan kacang-kacangan. Berikut merupakan makanan-makanan yang memiliki nutrisi yang dapat melawan senyawa kanker.


1. Brokoli

Sayuran ini memiliki kandungan sulforaphane yang dapat mengurangi jumlah sel induk kanker payudara. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, para ahli menyarakankan untuk memakan brokoli mentah, dikukup atau ditumis sebentar.

2. Salmon

Lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat mengurangi peradangan yang memicu kanker payudara. Selain itu, mengonsumsi minyak ikan selama 10 tahun dapat mengurangi risiko karsinoma duktal, jenis kanker payudara yang paling umum. Peneliti menyarankan untuk memakan setidaknya 8 ons minyak ikan yang bisa di dapat dari salmon, sarden, dan tuna dalam sepekan.

3. Minyak zaitun

Peneliti menemukan antioksidan dan asam oleat dalam minyak zaitun dapat memadamkan pertumbuhan sel-sel ganas.

4. Peterseli dan Seledri

Ilmuwan dari University of Missouri, seperti dilansir dari Eating Well, menemukan bahwa peterseli dan seledri bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Zat apigenin dalam dua jenis tumbuhan ini meningkatkan ketahanan tubuh terhadap tumor. Para ahli menyarankan untuk menambahkan beberapa peterseli dan seledri cincang dalam makanan setiap hari. 


5. Kopi

Menurut penelitian Breast Cancer Research, meminum kopi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara. Salah satu kemungkinannya diprediksi karena antioksidan kopi dapat melindungi sel dari kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

6. Plum dan Persik

Kedua buah ini memiliki tingkat antioksidan yang bisa menandingi blueberri. Plum dan persik juga mengandung polifenol, zat antioksidan yang dapat membantu membunuh sel kanker payudara sekaligus membiarkan sel sehat tetap utuh.

7. Kacang

Kandungan serat dalam kacang bisa mengurangi risiko kanker payudara. Peneliti menemukan 10 gram serat setiap hari bisa mengurangi risiko kanker hingga 7 persen. Selain kacang, makanan lain yang juga memiliki serat serupa adalah kacang lentil, kacang polong, kurma dan raspberri.

8. Kacang Kenari

Kenari bisa menggagalkan pertumbuhan kanker payudara. Para ahli menganggap anti-inflamasi dalam kenari yang bisa berasal dari asam alfa-linolenat lemak omega-3, fitosterol atau antioksidan dapat berpotensi melawan tumor. (rah/rah)