12 Makanan Alami Penurun Kolesterol Jahat

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 23/01/2018 20:42 WIB
12 Makanan Alami Penurun Kolesterol Jahat ilustrasi: (Thinkstock/Lisovskaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semua orang memiliki kolestrol dalam tubuhnya. Jangan buru berpikir negatif soal kolesterol.

Sebenarnya, kolestrol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi.

Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Beberapa orang telah berupaya menurunkan kolestrol dengan mengonsumsi obat-obatan.


Untuk menjaga kolesterol dengan cara yang alami, Anda harus menjaga pola hidup yang baik.

Biasakan diri untuk hidup sehat dengan cara berolahraga, menjaga berat badan, tidak merokok, mengkonsumsi suplement yang mengandung minyak ikan, psyllium, atau koenzim Q10.

Cara lain untuk menjaga kolesterol dengan alami adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut makanan yang dapat menurunkan kolestrol secara alami.

1. Oat
Kolestrol yang tinggi bisa diturunkan dengan mengubah pola makan. Mengonsumsi oats atau gandum saat sarapan mampu menurunkan kolestrol jahat sebesar 5,3 persen.

Zat yang terdapat pada gandum mampu menyerap kolestrol buruk yang kemudian akan dikeluarkan oleh tubuh.

2. Anggur merah
Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi anggur merah atau wine kerena baik untuk kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme dan nutrisi di Universidad Complutense de Madrid, Spanyol menemukan ketika seseorang mengonsumsi suplemen anggur merah yang sama dengan red wine kadar kolestrol mereka menurun sebesar sembilan persen. Sedangkan seseorang yang memiliki kolestrol tinggi kadar kolestrol mereka akan turun sebesar dua belas persen.


3. Salmon
Kandungan minyak Omega-3 pada ikan bermanfaat untuk kesehatan. Lemak omega-3 terbukti mampu menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Menurut penelitian dari Loma Linda University, mengganti lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kolestrol baik sebanyak empat persen.

4. Kacang-kacangan
Makanan ringan ini terbukti ampuh menurunkan kolestrol. Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition mengatakan, orang yang mengonsumsi 1,5 ons kacang kenari dalam sebulan bisa menurunkan kolestrol (total) sebesar 5,4 persen dan menurunkan kolestrol jahat sebesar 9,3 persen. Meskipun baik untuk menurunkan kolestrol, kacang-kacangan memiliki kandungan kalori yang tinggi.

5. Teh
Menurut penelitian yang dilakukan USDA, teh hitam terbukti dapat mengurangi lipid dalam darah hingga sepuluh persen hanya dalam waktu tiga minggu. Teh juga dapat membantu mengurangi penyakit jantung koroner dan juga melawan kanker.

6. Biji-bijian
Periset dari Politeknik Universitas Negeri Arizona menemukan bahwa setengah cangkir biji-bijian yang dicampurkan ke dalam sup mampu menurunkan kolestrol total termasuk kolestrol buruk sampai delapan persen. Biji-bijian ini mengandung serat yang terbukti memperlambat penyerapan kolestrol.

7. Cokelat
Cokelat yang memiliki antioksidan kuat ini membantu menbangun kadar kolestrol baik. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan AJCN peserta yang diberi bubuk kakao memiliki peningkatan kolestrol baik hingga 24 persen selama dua dua belas minggu. Pilihlah cokelat yang gelap dan pahit, dibandingkan dengan cokelat susu karena mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak.

8. Margarin
Gunakan margarin yang terbuat dari sterol tumbuhan. Sterol tanaman adalah senyawa yang mengurangi resiko penyerapan kolestrol. Sebuah penelitian menyatakan wanita yang menjalani diet sterol dapat menurunkan kolestrol total hingga 3,5 persen.


9. Bawang putih
Bawang putih termasuk ke dalam daftar makanan yang mampu menurunkan kolestrol.

Selain itu bawang putih juga mampu mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh terhadap infeksi. Penelitian terbaru menemukan, bawang putih juga membantu menghentikan penyumbatan arteri.

10. Minyak zaitun
Minyak zaitun yang penuh dengan lemak tak jenuh ini sangat baik untuk tubuh dan mampu menurunkan kadar kolestrol jahat. Gunakan minyak zaitun untuk membuat salad atau memasak makanan lainnya.

11. Bayam
Bayam mengandung banyak lutein, yang mampu menjaga kesehatan mata akibat degenerasi makula terkait usia. Penelitian juga menunjukkan setengah cangkir makanan yang kaya akan lutein setiap hari mampu mencegah serangan jantung.

12. Alpukat
Alpukat menjadi sumber makanan yang mampu meningkatkan kolestrol baik. Alpukat mengandung kolestrol-smashing beta-sitosterol, lemak nabati yang bermanfaat mengurangi kolestrol dari makanan. Konsumsilah alpukat secukupnya karena alpukat tinggi kalori dan lemak. (cel/chs)