Kebab Sampai Jus Jengkol, Sajian Unik Si 'Buah Bau'

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 29/01/2018 11:53 WIB
Kebab Sampai Jus Jengkol, Sajian Unik Si 'Buah Bau' Foto: cnn Indonesia/ Hesti Rika
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Jengkol, kancing 'lepis,' jering, dogfruit atau apapun namanya, yang pasti jengkol punya aroma semerbak yang tak mungkin dilupakan.

Ada yang cinta, ada juga yang benci. Bagi pecintanya, jengkol adalah sebuah makanan enak yang tak tergantikan.

Dari masa ke masa, jengkol tak lagi dipandang sebelah mata. Perlahan-lahan, makanan ini tak lagi dianggap jadi makanan kampung karena ada kenyataannya ada banyak restoran dan orang kreatif yang menyulap jengkol jadi hidangan yang naik kelas.



Beragam jenis makanan atau minuman yang diolah dengan campuran jengkol semakin populer. Tak hanya diolah menjadi rendang, kerupuk, atau semur semata, aneka olahan kreatif lainnya kini juga mulai masuk ke dunia kuliner.

Berikut beberapa sajian menarik dari jengkol yang patut dicoba.

1. Burger Jengkol

Kebab Sampai Jus Jengkol, Sajian Unik Si 'Buah Bau'Foto: CNN Indonesia/Claudea
Di gelaran Pesta Jengkol Jogja yang diadakan di Lippo Plaza Jogja, sebuah stand burger jengkol terlihat menarik perhatian.

Sekilas mirip dengan burger biasa, namun tak demikian dengan isiannya. Jika biasanya burger hanya berisi patty, irisan mentimun, selada, dan keju, kali ini ada tambahan selipan rendang jengkol tebal di antara 'mereka.'

Irisan roti, sayuran, daging sapi, keju dan juga rendang jengkol tentu akan memberi sensasi yang berbeda dalam setiap gigitannya. Rasa ini seperti percampuran antara kuliner Eropa dan Indonesia.

Rasa Indonesia mencuat dari penggunaan santan untuk rendang dan juga 'samar-samar' bau jengkol masih tercecap.

Sayang, bagi pencinta jengkol, rasa dan aroma jengkolnya tak terlalu terasa di dalam burger.

Sebaliknya, bagi yang tidak suka jengkol tidak perlu khawatir karena rasa daging sapinya akan tetap terasa lebih dominan. Tapi, apalah artinya makan burger jengkol tanpa sensasi rasa dan aroma jengkolnya?

Untuk satu porsi burger jengkol ini dijual dengan harga Rp18 ribu.

2. Kebab Jengkol

Kebab Sampai Jus Jengkol, Sajian Unik Si 'Buah Bau'Foto: CNN Indonesia/Claudea

Hampir sama seperti burger jengkol di atas, isian di bagian dalam kebab juga akan ditambah dengan rendang jengkol. Satu gulung tortila berisi daging sapi cincang, rendang jengkol, dan sayuran.

Rasanya cukup menarik, anggap saja seperti menyantap segulung rendang jengkol dengan tambahan 'kulit' lembut dari tortila.

Menariknya, ada empat warna tortila yang bisa dipilih, yaitu pink, hijau, coklat, dan putih.

Satu porsi kebab jengkol harganya Rp18 ribu. Tidak heran jika orang yang tidak suka jengkol pun menjadi penasaran untuk mencicipinya.

3. Jus Jengkol Kopi

Kebab Sampai Jus Jengkol, Sajian Unik Si 'Buah Bau'Foto: CNN Indonesia/Claudea

Kalau burger dan kebab jengkol masih terasa biasa, bagaimana dengan segelas jus jengkol?

Terkesan aneh dan tak menggoda. Tapi jangan dulu meremehkan.

Sebagai gambarannya, buah jengkol ternyata mengandung vitamin, mineral, protein dan serat yang tinggi sehingga baik buat kesehatan. Bahkan jengkol diyakini dapat mencegah diabetes serta baik untuk kesehatan jantung.

Sekarang bagaimana rasanya?

Bagi yang belum pernah mencicipi atau tidak suka dengan jengkol, mungkin akan merasa aneh jika meminum jus jengkol yang original karena rasa dan aroma kuatnya.

Jika terasa asing, Anda bisa memilih jus jengkol kopi. Tambahan kopi dalam jus jengkol akan membantu sedikit menghilangkan rasa eneg. Semburat kopi Bali yang pahit dan asam meminimalisir kuatnya jengkol.

Cita rasa yang dihasilkan pun cukup unik ketika di lidah, meski rasa kopi lebih dominan daripada jengkolnya. Dari tampilannya, jus jengkol kopi ini sekilas mirip dengan es susu coklat.

[Gambas:Video CNN]

(dea/chs)