Dior Dituduh Jiplak Motif Kain Desainer India

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 29/01/2018 09:00 WIB
Dior Dituduh Jiplak Motif Kain Desainer India ilustrasi fashion show Dior (AFP PHOTO / TORU YAMANAKA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu rumah desain India, People Tree menuduh Christian Dior menjiplak salah satu motif kain yang didesainnya.

People Tree adalah sebuah studio yang mengumpulkan karya para desainer dan pengrajin tangan lokal India, menuduh salah satu label besar yaitu Dior menjiplak karyanya. Motif yang diperebutkan adalah motif bergambar orang yang tengah melakukan yoga.

Motif kain yang 'diperebutkan' People Tree ini terlihat tercetak di atas sebuah gaun katun Dior berwarna merah yang dipakai oleh aktris India, Sonam Kapoor saat menjadi cover majalah India.



Rumah desain milik Orijit Sen dan istrinya Gurpreet Sidhu ini mengungkapkan bahwa motif gaun tersebut sama dengan motif yang mereka buat beberapa tahun lalu.

Dalam akun facebooknya, Orijit Sen mengungkapkan bahwa karya originalnya disontek Dior. Dia juga memperlihatkan desain asli dan blok kayu yang mereka gunakan untuk membuat desain tersebut.



Gaun yang digunakan oleh Sonam Kapoor salah satu bagian dari koleksi Dior's Cruise 2018 dan dirancang oleh Maria Grazia Chiuri.



Mengutip Quartz, tahun lalu gaun ini diluncurkan saat pertunjukkan di Calabasas, California. Show tersebut juga dikunjungi oleh artis ternama seperti Rihanna, Brie Larson, dan aktris India Freida Pinto.

People Tree telah melakukan konsultasi dengan pengacara, terkait dengan kasus dugaan penjiplakan yang telah dilakulan oleh Dior.

Sidhu sendiri juga menyatakan tindakan yang dilakukan oleh Dior sangat menyinggungnya.

Peristiwa ini bukanlah yang pertama, banyak label fashion yang menjiplak desain dari seniman independen. Tahun lalu desainer Rohit Bal dan Nida Mahmood memberikan kritik dari brand fashion besar yang katanya menjiplak desainnya.

Dengan itu Mahmood mengambil jalur hukum untuk menghentikan perusahaan fashion yang menjiplak desainnya. (cel/chs)