Jomlo Diprediksi akan Buang Banyak Waktu dan Uang di 2018

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 31/01/2018 09:59 WIB
Jomlo Diprediksi akan Buang Banyak Waktu dan Uang di 2018 Sebuah survei mengungkapkan jomlo akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk kencan yang sia-sia di 2018, hingga mencapai 96 juta jam dan Rp 37 triliun. (Foto: Thinkstock/nd3000)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pencarian tambatan hati memang tak ada habisnya. Segala usaha dan upaya dikerahkan demi mendapatkan kekasih idaman. Penelitian terbaru di Inggris memprediksi para jomlo bakal menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mengajak pasangan berkencan hingga mencapai 96 juta jam dan sebesar Rp37,6 triliun.

Itu artinya, setiap jomlo menghabiskan 23 jam dan 117 poundsterling atau Rp2,2 juta untuk berkencan dalam setahun. Rata-rata, setiap orang menghabiskan Rp550 ribu untuk sekali berkencan. Uang ini digunakan untuk berbagai macam keperluan dan kegiatan saat berkencan. Mulai dari makanan dan minum, pakaian yang dikenakan, hingga nonton bioskop.

Sayangnya, studi itu menemukan waktu dan biaya yang keluar demi mendapatkan pasangan baru ternyata banyak yang terbuang sia-sia.



Riset dari eHarmony ini menyebut rata-rata setiap orang menghabiskan waktu 60 menit untuk kencan yang buruk alias percuma. Studi ini menemukan 52 persen orang single merasa kecewa setelah berkencan. Sedangkan, 16 persen merasa berkecil hati, 12 persen sadar diri dan 13 persen merasa stres.

Para ahli yang terlibat dalam rist ini menilai para jomlo percaya bahwa berkencan sebanyak mungkin atau dikenal dengan istilah binge dating dapat meningkatkan kesempatan menemukan belahan jiwa.

Peneliti lalu menyarankan agar para jomlo berpikir matang-matang sebelum memutuskan untuk berkencan agar waktu dan uang tak terbuang percuma.


"Sebelum berkencan sebaiknya pertimbangkan siapa diri Anda dan tipe orang yang Anda sukai," kata pakar kencan eHarmony, Rachael Lloyd, seperti dikutip dari The Independent. (rah/rah)