8 Pilihan Teh untuk Semangat Pagi atau Tidur Lebih Lelap

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 31/01/2018 15:48 WIB
Beragam jenis teh dapat disesuaikan peruntukannya. Teh hijau bisa diminum buat semangat pagi, sementara chamomile bisa buat tidur lebih lelap. Beragam jenis teh dapat disesuaikan peruntukannya. Teh hijau bisa diminum buat semangat pagi, sementara chamomile bisa buat tidur lebih lelap. (Foto: ThinkStock/Allchonok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Teh terkenal kaya akan manfaat, apalagi jika dinikmati di waktu yang tepat. Patut untuk diketahui bahwa ternyata setiap racikan teh punya khasiat yang berbeda-beda.

Pakar teh Kristina Richens membagi tips racikan teh yang tepat untuk mendapatkan beragam manfaat.Director di The Republic of Tea dan spesialis teh bersertifikasi ini sudah melanglang buana ke berbagai belahan dunia seperti China, India, Afrika Selatan untuk mencicip berbagai jenis teh.

Dari paparannya, berikut beberapa jenis teh dan khasiatnya yang dapat diperoleh tubuh:



1. Semangat pagi: teh hitam dan teh hijau

Menurut Richens, kandungan kafein dengan L-theanine dalam kedua teh ini bisa memberikan ketenangan untuk menghadapi hari.

2. Siang hari: teh hijau dengan ginkgo biloba

Richens menyarankan untuk menyeruput teh hijau dengan campuran ginkgo biloba di siang hati. Teh hijau mampu memompa semangat sedangkan ginkgo biloba dapat membuat ingatan menjadi kuat.

3. Usai bekerja: teh hitam

Setelah lelah bekerja, ada baiknya menyeruput teh hitam. Secangkir teh hitam mengandung 11 miligram potassium yang bisa memulihkan otot.


4. Menghilangkan stres: teh hijau, lavender, atau chamomile

Kandungan dalam teh ini baik untuk menghilangkan kecemasan dan membuat tubuh rileks kembali. "Chamomile dan lavender terkenal sebagai herbal yang menenangkan dan merilekskan saraf," kata Richens, dikutip dari Pop Sugar.

5. Tidur nyenyak: chamomile atau valerian

Menyeruput Chamomile atau seduhan akar valerian dapat membuat tidur lebih nyenyak. Akar valerian memang banyak digunakan sebagai suplemen tidur.

6. Pencernaan dan menurunkan berat badan: dandelion atau pepermin

Dandelion dapat membantu menghilangkan kelebihan air, pencernaan, dan komponen kunci untuk penurunan berat badan. Sedangkan pepermin bisa mengurangi nafsu makan sambil membantu pencernaan.


7. Kulit cerah: rooibos atau teh hijau

Antioksidan dalam rooibos dan teh hijau dapat menghilangkan jerawat dan meratakan warna kulit atau tersengat matahari.

8. Sakit perut: dandelion atau jahe

Akar dandelion dapat membersihkan pencernaan. Sedangkan jahe bisa menenangkan perut yang sedang sakit. (rah/rah)