Kini Jepang Punya 'Selai' Rasa Ayam Karage untuk Nasi Hangat

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 02/02/2018 11:50 WIB
Kini Jepang Punya 'Selai' Rasa Ayam Karage untuk Nasi Hangat ilustrasi ( Thinkstock/rez-art)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian besar orang menyukai rasa ayam goreng. Tak dimungkiri, ayam goreng atau karage sendiri telah menjadi makanan favorit dan murah di Tokyo.

Kini, Jepang punya cara baru untuk menikmati ayam goreng. Setelah sebelumnya Jepang juga membuat keripik kentang rasa ayam dari salah satu ritel waralaba terkenal dunia, kini mereka membuat sebuah bumbu dengan rasa ayam karage yang bisa dinikmati dengan nasi hangat.

Namun ini bukanlah bumbu untuk membuat ayam goreng seperti yang ada di Indonesia. Sebaliknya, makanan ini lebih mirip seperti selai, tapi untuk nasi.



Bentuknya mirip seperti bumbu rendang dan ditambahkan di atas nasi hangat.

Selai nasi rasa ayam ini dibuat dari bumbu jahe dan bawang putih dua bumbu utama untuk membuat karage. Bumbu ini dicampurkan dengan daging ayam yang dicincang kecil-kecil.

Hanya saja, berbeda dengan ayam goreng karage, selai ayam ini tidak digoreng dengan minyak banyak atau deep fried.

Selai nasi ini dibuat mirip sedikit 'berair' namun kental dengan tambahan aneka bumbu. Rasa 'olesan' nasi ini memiliki tambahan protein daging yang kenyal dan aromatik bak ayam goreng.


Sebelumnya perusahaan Marumiya di Jepang telah menciptakan bubuk yang juga bisa dinikmati dengan nasi yaitu Furikake, dan ini sangat terkenal di Jepang.

Furikake merupakan bumbu bubuk seperti abon yang dibuat dari telur kering, sayuran, dan daging atau ikan. Furikake tersedia dalam beberapa varian rasa seperti ayam, tuna dan noritama.

Mengutip Rocketnews24, meskipun bumbu ini tidak digoreng selayaknya ayam karage, bumbu ini diklaim mampu meniru rasa dari ayam karage ala Jepang. (cel/chs)