Rusia Punya Agensi Khusus Model 'Lanjut Usia'

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 05/02/2018 13:59 WIB
Rusia Punya Agensi Khusus Model 'Lanjut Usia' ilustrasi (AFP PHOTO / Patrick KOVARIK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia industri fesyen selalu punya wajah segar dan baru. Tak dimungkiri kalau pada kenyataannya, industri fesyen memang didominasi dengan model berusia muda.

Usia 30 tahun pun menjadi masa abu-abu menuju usia 'pensiun' model. Banyak model yang 'dipaksa' pensiun di usia tersebut sekalipun dia masih punya banyak potensi dan kemampuan.

Menyikapi hal tersebut, sebuah model agensi Rusia pun melawan arus dengan membuka sebuah agensi model khusus untuk model berusia 45 tahun ke atas.



Model tertua yang direkrut di agensi model ini bahkan berusia 85 tahun. Sebaliknya, model termuda di agensi ini berusia 60 tahun.

Agensi model bernama Oldushka yang berbasis di Moskow ini didirikan oleh seorang fotografer bernama Igor Gavar, tahun lalu.

Sebelum mendirikan agensi model 'lanjut usia' ini Gavar punya hobi untuk mengumpulkan foto-foto street style model yang sudah pensiun di blognya. Agensi model ini adalah sebuah evolusi alami dari hobinya selama ini.

Mengutip Oddity Central, agensi model ini berkomitmen untuk mendapatkan pekerjaan bagi model berusia lanjut dan mendapatkan kesempatan kerja profesional.

Dalam agensi ini ada sekitar 18 model yang bergabung dengan rentang usia 45-85 tahun dan berbasis di area sekitar Rusia.

"Kecantikan- adalah kualitas yang makin dihargai seiring usia," kata Gavar kepada Vogue.


"Saya bertemu dengan orang yang memiliki wajah menarik, dan sata mau melakukan proyek yang berbeda dengan mereka. Agensi model menjadi sebuah proyek khusus."

Salah satu model perempuan, Valentina Yassen yang berusia 62 tahun mengungkapkan bahwa agensi tersebut juga memberikan mereka kesempatan untuk mencoba berbagai hal baru.

[Gambas:Instagram]

"Saya sebelumnya adalah seorang aktris profesional, dan untuk waktu yang lama, saya bekerja di teater, tapi sekarang saya tidak lagi ada di atas panggung," katanya.

"Saya sangat gugup untuk masuk ke dalam dunia model. Tapi anak saya menyakinkan dan berkata,' Mama tak terlalu popular sehingga berfoto di depan fotografer dalam iklan akan menghancurkan reputasimu sebagai artis. Anda tak akan kehilangan apapun, tapi justru mungkin akan membuka sesuatu yang baru untuk diri sendiri."

Proyek Gavar ini adalah proyek terbatas waktu karena industri fesyen punya spesifikasi yang tajam soal kecantikan -muda, putih, tinggi, kurus, dan lainnya.

(chs/chs)