6 Alasan Masih Sering Mimpikan 'Si Mantan' Cinta Pertama

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 13:48 WIB
6 Alasan Masih Sering Mimpikan 'Si Mantan' Cinta Pertama Orang bilang cinta pertama sulit dilupakan. Kenangan kuat akan masa-masa indah cinta pertama pun seringkali terbayang dan bahkan terbawa mimpi. (Thinkstock/puhhha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Orang bilang cinta pertama sulit dilupakan. Akan tetapi tak semua cinta pertama bisa diwujudkan dalam ikatan kasih seumur hidup.

Karena berbagai alasan, hubungan dengan cinta pertama bisa kandas. Hubungan bisa kandas tapi kenangan cinta pertama tak akan terlupa.

Hal ini sebenarnya tidaklah mengejutkan. Kenangan kuat akan masa-masa indah cinta pertama pun seringkali terbayang dan bahkan terbawa mimpi.



"Kenapa saya memikirkan dia?" mungkin Anda sering bertanya soal hal ini saat memimpikannya.

Pertanyaan lain yang muncul adalah "apakah ini artinya saya tak cinta pasangan saat ini?"

Sebelum Anda menyimpulkan berbagai pertanyaan ini, mengutip Your Tango, ada beberapa interpretasi tentang alasan mengapa Anda memimpikan cinta pertama.

1. Anda ingin dia tahu betapa berharganya Anda
Cinta pertama sangatlah berkesan, apalagi jika cinta pertama terjadi di usia belasan tahun.

Jika kebetulan cinta pertama putus karena alasan yang menyakitkan, maka bermimpi tentang mantan mungkin menjadi sebuah keinginan alam bawah sadar Anda terhadap kebutuhan pengakuan tentang 'nilai' Anda.

Hal ini juga menjadi sebuah tanda bahwa Anda ingin membuktikan diri kepada sang mantan dan membuat mereka sadar sudah melakukan kesalahan dengan memutuskan hubungan.


2. Anda memproyeksikan cinta lama pada cinta baru
Jika cinta pertama melakukan hal yang sangat menyakitkan, misalnya selingkuh, maka ada kemungkinan ada perasaan takut bahwa akan ada pria lain yang melakukan hal tersebut pada Anda.

Pasangan saat ini mungkin tipe orang yang akan selingkuh, tapi karena mantan Anda melakukannya, maka Anda penuh kecurigaan kalau hal ini akan terjadi lagi.

3. Anda tak bisa melupakannya
Mimpi soal mantan cinta pertama tidaklah segila itu. Cinta pertama akan selalu jadi bagian dari cerita cinta Anda, artinya ada kemungkinan kalau mereka akan muncul di mimpi Anda.

Orang cenderung bermimpi tentang hal yang terjadi dalam kehidupan mereka. Jika Anda bermimpi soal mantan cinta pertama, ini tak selalu berarti kalau Anda mengharapkan dia kembali atau tak cinta dengan pasangan saat ini.

Hanya saja, cinta pada cinta pertama Anda masih terasa kuat.

4. Masih punya urusan yang belum terselesaikan
Cinta pertama Anda mungkin meninggalkan banyak jejak luka di hati. Luka itu bahkan mungkin masih terbuka dan belum terselesaikan.


5. Anda punya masalah dengan pasangan saat ini
Jika Anda punya masalah dengan hubungan saat ini, maka alam bawah sadar mungkin akan meletakkan 'imajinasi' Anda pada kondisi di mana Anda mengalami masa paling menyenangkan dan dicintai.

Dalam hal ini, bermimpi tentang cinta pertama mungkin Anda bagian dari bawah sadar untuk mengontrol masalah saat ini.

6. Khawatir hubungan saat ini tak akan bertahan
Manusia belajar dari masa lalu. Jika Anda merasa hubungan saat ini mulai kacau, maka masuk akal jika Anda mulai memimpikan cinta pertama.

Anda mulai membandingkan hubungan Anda dengan pasangan saat ini dan mantan. Soal bagaimana hubungan dengan sang mantan berakhir, kesalahan yang Anda lakukan dulu, dan kesalahan apa yang dia lakukan. (chs/chs)