Hindari Pelecehan Seksual, NYFW Sediakan Ruang Ganti Pribadi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 09/02/2018 12:18 WIB
Hindari Pelecehan Seksual, NYFW Sediakan Ruang Ganti Pribadi ilustrasi NYFW (REUTERS/Andrew Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maraknya pelecehan seksual yang menimpa selebriti dan juga model di 2018, menginisiasi gerakan #MeToo.

Gerakan #MeToo ini merupakan gerakan yang dibuat untuk mendukung wanita-wanita yang mengalami pelecehan dan kekerasan seksual dengan membuktikan bahwa mereka tidak sendiri.

Bukan hanya di Hollywood, industri fesyen, terutama New York Fashion week (NYFW) juga memberikan dukungan terhadap gerakan ini.



Dukungan yang diberikan oleh NYFW baru baru ini adalah dengan memberikan privasi kepada model-model di belakang panggung. Bekerja sama dengan aliansi model, NYFW menyediakan ruang ganti privat selama NYFW berlangsung.

"Para model merasa resah karena kurangnya privasi saat mengganti busana di belakang panggung," kata Sara Ziff selaku pendiri dari Aliansi model kepada The Cut.

"Aliansi model menganggap hal ini perlu ditanggapi secara serius dengan memberikan keamanan dan lingkungan yang sopan dengan menyediakan ruang ganti privasi tersebut."

Desainer Rachel Comey mengatakan kepada Vogue, bahwa satu hal yang paling penting dan harus diperhatikan di dunia model adalah adanya proteksi keamanan untuk para model agar pelecehan seksual tidak terjadi lagi.


"Kita harus menciptakan lingkungan yang aman, terutama untuk anak muda dan model. Serta, baik wanita maupun pria yang ada di industri ini harus bekerja sama untuk mendukung gerakan #metoo ini."

Tak dimungkiri kalau dalam beberapa waktu belakangan, jumlah model yang mengaku mendapatkan perlakuan tak senonoh dan pelecehan seksual semakin banyak.

Baru-baru ini, Kate upton menyampaikan kekecewaannya terhadap rekanan pendiri Guess, Paul Marciano terkait dengan pelecehan seksual yang dialaminya. Kate Upton menulis di Instagram dan twitter tentang kekecewaannya terhadap Paul Marciano.

"Ini sangat mengecewakan bahwa salah satu brand ikonik, Guess, masih memberikan wewenang kepada Paul Marciano, dengan menjadikannya sebagai direktur kreatif #metoo," tulisnya di twitter.


"Paul Marciano harusnya tidak menggunakan kekuasaannya di industri ini untuk melakukan pelecehan dan mengganggu wanita #metoo," kata Upton di Instagram.

Pada awal bulan Januari lalu, sekitar 15 model mengatakan bahwa mereka mendapatkan pelecehan seksual dari fotografer, Bruce Weber. Namun, Weber menyangkal berita itu dan mengatakan bahwa dirinya syok dan sedih dengan berita yang menuduhnya melakukan hal semacam itu. (joy/chs)