5 Tips Santap Ramen Seperti Orang Jepang

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Minggu, 18/02/2018 08:38 WIB
5 Tips Santap Ramen Seperti Orang Jepang Cara orang Indonesia menikmati ramen ternyata beda dari orang Jepang, di mana ramen berasal. Bagaimana orang Jepang menikmati ramen? (Ilustrasi/Ramen/Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ramen merupakan salah satu makanan Jepang yang banyak digemari di Indonesia. Namun ternyata, cara mengonsumsi ramen orang Indonesia jauh berbeda dibandingkan cara makan ramen khas Jepang.

Menurut Direktur Ippudo Indonesia Amanda Sihombing perbedaan cara makan ramen orang Indonesia dan Jepang dipengaruhi oleh budaya. Sebagai produsen ramen khas Jepang, Amanda membagikan beberapa tips makan ramen ala orang Jepang.


1. Zuzutto atau Diseruput


Kebanyakan orang Indonesia makan mi ramen beserta dengan kuah yang terpisah atau dalam satu suapan dengan sendok. Sedangkan orang Jepang, memakan ramen dengan cara diseruput melalui sumpit. Ini bisa dilakukan dengan zuzutto.

"Mereka makan dengan cara diseruput. Ada triknya sebenarnya dengan zuzutto yang artinya dihirup dan diseruput. Tujuannya, agar kuah ikut terhirup. Jadi mi dan kuah menyatu," kata Amanda saat peluncuran grand menu 2018 Ippudo, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

2. Makan Saat Masih Panas

Orang Jepang biasanya langsung menyantap ramen ketika dihidangkan saat masih panas. Cara zuzutto yang dilakukan orang Jepang dengan langsung menghirup mi, ampuh menghindari panas di lidah. Selain itu, saat ramen sudah dingin, cara zuzutto akan sulit dilakukan.

"Kalau sudah dingin susah di-zuzutto karena lembek. Kalau bisa, saat disajikan langsung dimakan," tutur Amanda.

3. Jangan Dicampur

Orang Indonesia disebut gemar mencapur ramen dengan beragam bumbu tambahan seperti bubuk lada dan shoyu atau kecap khas Jepang. Menurut Amanda, ramen Jepang seharusnya tak perlu terlalu banyak dicampur dengan bumbu lain karena bakal mengubah banyak rasa ramen. Rasa ramen yang otentik bakal berubah jika dicampur dengan bumbu lain.

4. Bawang Putih Segar

Untuk mendapatkan rasa mi yang kuat, tak ada salahnya meminta tambahan bawang putih segar kepada pelayan di kedai ramen. Bawang putih segar ini akan memunculkan rasa dan aroma yang lebih tajam pada ramen.

5. Pelengkap Ramen

Amanda beranggapan ramen sebenarnya sudah disajikan dengan topping yang telah disesuaikan dengan menu ramen. Pelengkap ramen bisa ditambahkan dengan menu pembuka yang populer di Jepang seperti Gyoza. Amanda juga menyebut makanan penutup tidak terlalu diminati di kedai ramen di Jepang, namun bisa dilengkapi dengan memilih menu es krim. (rah/rah)


BACA JUGA