10 Tradisi Perayaan Valentine di Seluruh Dunia

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 07:42 WIB
10 Tradisi Perayaan Valentine di Seluruh Dunia Di Korea Selatan, wanita memberikan cokelat pada pria pujaan hatinya. Sementara, di Paris, Valentine lebih identik dirayakan dengan bertukar surat cinta. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/Antonio Guillem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentine ternyata bukan hanya sekadar memberikan bunga atau cokelat untuk orang tercinta. Hari kasih sayang dirayakan dengan berbagai cara dan tradisi yang unik serta berbeda-beda di seluruh dunia.

Mulai dari babi, surat cinta hingga bus cinta jadi simbol merayakan Valentine setiap 14 Februari. Dari berbagai sumber, CNNIndonesia.com menemukan 10 negara dengan tradisi dan cara unik merayakan Valentine.


1. Jerman

Tak ada simbol hati yang identik digunakan untuk menunjukkan rasa cinta saat Valentine di Jerman. Untuk mengekspresikan kasih sayang, orang-orang dewasa di Jerman justru menggunakan simbol babi. Babi dianggap sebagai simbol keberuntungan dan gairah. Pasangan di Jerman bakal memberikan bermacam hadiah yang bergambar babi untuk orang tersayang, seperti cokelat babi atau pigura babi.

2. Korea Selatan

Di Negeri Ginseng, hari kasih sayang dirayakan oleh para perempuan dengan memberikan coklat kepada pria pujaan hati. Sang pria, baru akan membalas hadiah itu satu bulan setelahnya pada 14 Maret yang dikenal dengan White Day. Para pria bakal memberikan permen untuk sang kekasih. Sebulan setelahnya, tradisi itu berlanjut bagi pria dan wanita yang menjomlo dan tidak mendapatkan hadiah di hari Valentine atau White Day. Mereka bakal berkumpul memakai seragam hitam dan makan mi hitam atau jjajangmyeon pada Black Day, 14 April.


3. Jepang

Tradisi yang sama juga terjadi Negeri Matahari Terbit. Hari Valentine juga dirayakan oleh kaum hawa. Para perempuan biasanya membagikan dua jenis cokelat yakni Choco Giri untuk sahabat serta kolega dan Honmei Choco spesial untuk belahan jiwa. Para pria juga bakal membalas cokelat itu pada White Day sebulan kemudian.

4. Italia

Tradisi pasangan di Italia merayakan Valentine dengan memberikan hadiah berupa cokelat Baci Perugina. Cokelat ini merupakan hadiah populer di Italia karena memiliki pesan yang romantis. Baci yang berarti cium, membuat pasangan yang mendapatkan hadiah itu bakal bertukar ciuman.

5. Denmark

Ketimbang mawar merah, bunga salju atau snowdrops merupakan bunga populer yang diberikan saat Valentine di Denmark. Para pria di Denmark juga memberikan puisi tanpa nama yang dikenal dengan gaekkebrew. Puisi itu diberi tanda titik-titik rahasia. Jika penerima bisa menebak pengirim puisi itu, dia bakal memberikan hadiah berupa telur Paskah.


6. Paris, Prancis

Sebagai kota cinta, biasanya pasangan merayakan Valentine dengan menggembok cinta mereka di Pont des Arts dan membuang kuncinya ke Sungai Seine. Namun, sejak 2015, gembok itu dihilangkan dari jembatan. Sebagai gantinya, beberapa jembatan di sekitar Paris dapat dipasang gembok. Selain itu, pasangan di Prancis juga merayakan hari kasih sayang dengan bertukar surat cinta yang dinamakan cartes d'amities.

7. Meksiko

Di Meksiko hari Valentine juga dikenal sebagai hari cinta dan pertemanan. Hadiah berupa balon, bunga, boneka binatang, dan kartu merupakan hadiah populer yang diberikan orang di Meksiko untuk sahabatnya.

8. Finlandia dan Estonia

Bagi yang belum mempunyai pasangan tidak akan merasa kesepian di Finlandia dan Estonia. Di Finlandia, hari kasih sayang juga dikenal sebagai hari pertemanan. Sedangkan di Estonia, pada hari Valentine akan disediakan bus cinta. Mereka yang masih sendiri akan berkumpul di bus ini untuk menemukan pasangan.



9. Peru

Di Peru, orang-orang akan saling bertukar anggrek pada Valentine. Anggrek dianggap sebagai salah satu bunga asli dari Peru.

10. Republik Ceko

Di Ceko, hari Valentine dirayakan setiap tanggal 1 Mei. Pasangan di negara ini bakal berdiri di bawah pohon ceri dan berdoa untuk kebahagiaan dan kesehatan. (joy/rah)