Survei: Perempuan Lebih Suka Beri Kado Saat Valentine

Christina Andhika Setyanti & cel, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 10:16 WIB
Survei: Perempuan Lebih Suka Beri Kado Saat Valentine ilustrasi kado (PublicDomainPictures/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari valentine disambut dengan sangat antusias oleh pasangan-pasangan muda. Hadiah menjadi hal yang perlu disiapkan menjelang hari valentine ini.

Menurut survei, perempuan ternyata lebih bersemangat untuk memberikan hadiah bagi pasangannya. Setidaknya ada 5 dari 10 perempuan (54,9 persen) yang mau memberikan hadiah, sedangkan 45,1 persen lainnya tak mau memberi hadiah.

ShopBack Indonesia, salah satu portal belanja online melakukan survei terhadap 110 responden dengan rentan usia 18-38 tahun di Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makasar.


Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa banyak anak muda yang lebih memilih membeli hadiah secara online. Sekitar 47,4 persen responden mengungkapkan banyaknya e-commerce akan meningkatkan daya beli barang untuk hadiah valentine.

Sedangkan sisanya, 53,3 persen lebih memilih membeli hadiah secara konvensional.

Mereka yang memilih belanja online dikarenakan banyaknya promo dan diskon yang ditawarkan. Untuk memberikan kado spesial di hari valentine, rata-rata mereka menghabiskan uang sekitar Rp456 ribu. 

Ada beberapa pertimbangan utama saat membeli hadiah valentine. Pertimbangan terbesar adalah dengan adanya promo atau diskon (50,1 persen). Sekitar 18,1 persen lebih mempertimbangkan harga, sedangkan 6,4 persen memilih untuk melihat kualitas barang, 6,3 persen lain pilih barang yang unik dan menarik. Sedangkan 17, 6 persen lebih memilih beli kado yang mudah dicari.

Sedangkan 1,5 persen lainnya memilih kado berdasarkan permintaan pasangan.

(chs)