3 Tips Pilih Kado Parfum Buat Pasangan

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 15:37 WIB
3 Tips Pilih Kado Parfum Buat Pasangan Di samping bunga dan cokelat, parfum kerap jadi pilihan kado di Hari Valentine. Sebelum menyesal karena memilih parfum yang salah, ikuti tiga langkah berikut. (Ilustrasi/Foto: pcatalin/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Februari tak hanya diramaikan oleh persiapan perayaan Tahun Baru China, tapi juga perayaan Hari Kasih Sayang atau lazim disebut Hari Valentine. Mungkin, sebagian orang sudah mulai memikirkan kado yang pas diberikan untuk orang terkasih termasuk pasangan.

Cokelat mungkin bisa dipastikan masuk daftar wajib, tapi kini parfum juga populer sebagai kado Valentine. Permasalahannya, parfum yang dibeli bukan untuk diri sendiri sehingga orang kadang menemui kesulitan untuk menemukan parfum yang pas. Oleh karena itu, mengutip dari Metro, Linda Pilkington, ahli parfum dari pembuat parfum Ormonde Jayne memberikan beberapa tips.


1. Jangan ragu bertanya

Linda menyarankan untuk langsung menuju toko yang memang spesialisasinya pada produk parfum. Menurutnya, mereka memiliki asisten toko yang akan memiliki waktu lebih banyak untuk melayani pelanggan. Di pusat perbelanjaan, terdapat beragam outlet parfum sehingga terjadi persaingan cukup ketat sehingga outlet pun wajib memiliki asisten toko yang terlatih.

"Ahli parfum seharusnya menanyakan beberapa pertanyaan. Parfumnya buat siapa? Bukan cuma apa dia pria atau wanita dan berapa umurnya, tapi pertanyaan yang lebih spesifik. Apa orangnya suka sayuran atau pecinta makanan pedas? Apa yang membuat mereka antusias? Warna favorit? Apa dia orang yang sporty? Semua hal itu relevan," ujar Linda dikutip dari Metro, beberapa waktu lalu. 

2. Tes sebelum beli 

Setelah sekian pertanyaan sudah terjawab, biasanya pelanggan akan diberi tiga sampel parfum berbeda untuk dicoba. Meski parfum ditujukan bagi orang lain, pelanggan wajib mencoba parfum dengan menyemprotkannya ke kulit bukan sekadar mencium baunya.

"Mencoba parfum untuk kekasih itu wajar kok karena ia menemukan aroma naturalmu itu menarik, artinya kamu kemungkinan punya chemistry tubuh yang saling melengkapi. Itu akan selalu jadi indikator yang lebih baik daripada staf penjualan di toko," katanya.

Linda menambahkan, pelanggan harus memastikan bahwa ia menikmati aroma parfum. Aroma parfum akan berkembang setelah parfum menempel di kulit dan alkohol menguap.


3. Pastikan apakah pasangan ada alergi

Sebelum memutuskan untuk membeli parfum, pastikan dulu apakah kekasih punya alergi pada zat parfum tertentu. Tentu Hari Valentine tak akan berakhir manis jika kekasih mengalami ruam atau gatal setelah menggunakan parfum. (rah/rah)