4 Tips Anti 'Ngenes' Buat Jomlo Saat Valentine

Rahman Indra, CNN Indonesia | Kamis, 15/02/2018 04:50 WIB
4 Tips Anti 'Ngenes' Buat Jomlo Saat Valentine Daripada baper dan merasa kesepian, jomlo atau yang tak punya pasangan perlu menyiasati Hari Valentine. Sikapi dengan empat langkah positif. (Ilustrasi/Foto: Ian Schneider/Unsplash)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Kasih Sayang atau Valentine memiliki tradisi-tradisi perayaannya sendiri. Kebanyakan orang akan merayakannya dengan pasangan masing-masing, seperti jalan-jalan atau makan malam romantis di restoran.

Buat yang jomlo atau tidak memiliki pasangan, karenanya, bisa merasa sedih dan kesepian ketika melihat semua orang di sekitarnya sedang menghabiskan waktu bersama pasangannya masing-masing. Lalu, bagaimana?

Ada beberapa langkah positif buat menyiasatinya. Di antaranya, tidak bermain media sosial dulu, atau ubah persepsi mengenai hari Valentine itu sendiri.


1. Kurangi buka media sosial

Di Hari Valentine, akan ada banyak orang yang mengunggah foto-foto dan cerita-cerita tentang bagaimana mereka merayakan momen tersebut bersama pasangannya masing-masing. Daripada makin merasa stres dan ngenes melihat pasangan-pasangan di luar sana bahagia, ada baiknya untuk menghindari, atau setidaknya mengurangi frekuensi membuka media sosial.

2. Ubah persepsi

Kebanyakan orang menganggap merayakan cinta di Hari Valentine berarti memberi pasangan kita cokelat, mengajaknya ke restoran mewah, atau melakukan hal-hal yang membuatnya senang. Padahal, cinta bukan hanya eksklusif milik pasangan. Cinta juga dimiliki oleh teman-teman dan keluarga.

Untuk menghindari ngenes dan baper jomblo saat Hari Valentine, menghabiskan waktu bersama teman-teman dan keluarga (yang tidak sibuk bersama pasangannya di Hari Valentine) bisa menjadi salah satu solusi.


3. Lakukan hal positif

Daripada membandingkan diri sendiri dengan teman-teman yang berbahagia dengan pasangannya masing-masing di Hari Valentine dan merasa minder, ada baiknya jika waktu luang di Hari Valentine digunakan untuk melakukan hal-hal yang meningkatkan kepercayaan diri kita sendiri. Misalnya, olahraga untuk mendapat bentuk badan yang diinginkan sejak dulu. Membaca buku atau belajar sesuatu yang sejak dulu ingin dikuasai bisa jadi alternatif lain.

4. Rencanakan agenda khusus

Kebanyakan jomblo merasa ngenes di Hari Valentine karena mereka menghabiskannya sendiri di rumah, ketika semua orang di sekitarnya sedang berbahagia bersama pasangan masing-masing. Untuk menghindari skenario ini, rencanakan agenda untuk mengisi Hari Valentine, jika perlu sejak jauh hari baik bersama teman-teman, keluarga, atau ajak kencan seseorang yang baru. (ast/rah)