Desainer Langganan Iriana Jokowi Pamerkan Koleksi di London

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 15/02/2018 14:48 WIB
Desainer Langganan Iriana Jokowi Pamerkan Koleksi di London Koleksi busana Tuty Adib yang dibawa ke London Fashion Scout (Dok. Tuty Adib)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer Indonesia Tuty Adib terpilih untuk menampilkan koleksinya di Fashion Scout, London.

Fashion scout salah satu fashion showcases yang menjadi bagian dalam gelaran tahunan London Fashion Week.

Tuty sendiri dijadwalkan tampil pada Jumat (16/2). Selain Tuty, beberapa desainer Indonesia lain yang tampil bersama adalah House of Mea, Jeny Tjahjawati, Lia Afif, Ratu Antia Soviah, dan Vidhi Wadhwani.



Dalam koleksi terbarunya yang akan dibawa ke Fashion Scout London Fashion Week (LFW), Tuty mengusung tema Basiba.

"masuk dan partisipasi dalam (Fashion scout) LFW merupakan hal yang sangat sulit. Merupakan kebanggan tersendiri bisa masuk dan mengikuti event London Fashion Scout (LFS) ini," kata Tuty dalam pernyataannya yang diterima CNNIndonesia.com.

Tenun dari Payakumbuh jadi pilihan Tuty AdibFoto: Dok. Tuty Adib
Tenun dari Payakumbuh jadi pilihan Tuty Adib

"Pada show LFS AW 2018 ini sata mengangkat kain tenun songket balai panjang Payakumbuh dari Sumatera Barat."

Rasa perhatian dan kepedulian yang tinggi terhadap kain tenun nusantara membuat Tuty memilih tenun Payakumbuh sebagai bahan utama dari rancangannya untuk acara ini.


"Saya terinspirasi oleh keindahan baju kurung khas masyarakat Minangkabau yang memiliki potongan khas pada bagian lengannya."

Keunikan kain tersebut digunakan Tuty dalam koleksi busana modest ready to wear deluxe yang lebih modern dan elegan.

Pemakaian Tenun Balai Panjang Payakumbum dalam London Fashion Week untuk lebih mengangkat kebudayaan wastra Indonesia dalam industri fasion internasional.

Selama 18 tahun berkiprah di dunia mode Indonesia, busana rancangannya kerap mengisi panggung mode di tanah air dan juga mancanegara. Tuty Adib pernah mengisi pagelaran busana Internasional seperti Indonesian Beautiful 2 Meroubra Road NSW Sydney, Tokyo Modest Fashion, The Urban Muslim Woman Show 2013 di Lonson, dll.

Tak cuma itu, Tuty juga menjadi desainer langgangan keluarga Presiden Indonesia, Joko Widodo. Beberapa waktu lalu, Tuty juga menjadi sosok perempuan yang mendesain busana untuk Iriana Joko Widodo dan Kahiyang Ayu saat pernikahannya dengan Bobby Nasution.

(cel/chs)