FOTO: Pesona Klenteng Sam Poo Kong

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Kamis, 15/02/2018 17:25 WIB

Semarang, CNN Indonesia -- Klenteng Sam Poo Kong yang berdiri tegak di kawasan Bukit Simongan menjadi saksi bisu penjelajahan Laksamana Cheng Ho di Indonesia.

Klenteng Sam Poo Kong yang berdiri tegak di kawasan Bukit Simongan menjadi saksi bisu penjelajahan Laksamana Cheng Ho di Indonesia.
Bangunan yang kini dijadikan tempat ibadah pemeluk Tridharma (Taoisme, Buddhisme dan Konfusianisme) itu berada di kawasan yang awalnya menjadi tempat berteduh Cheng Ho saat harus
Setelah membaik, Ong Keng Hong dan awak kapal lainnya mulai menyebarkan agama Islam. Mereka juga selalu menceritakan sosok Cheng Ho yang berani serta bijaksana.
Perkataan Ong Keng Hong tentang Cheng Ho direspons positif oleh warga sekitar. Bersama-sama, mereka membuat simbol penghormatan untuk Cheng Ho di salah satu gua yang disebut Gedung Batu. Simbol tersebut lalu disempurnakan menjadi Klenteng Sam Poo Kong.
Walau menjadi tempat ibadah umat Tridharma, namun banyak umat Islam Kejawen yang masih sering datang untuk melakukan ziarah ke makam Ong Keng Hong serta turis yang datang untuk wisata sejarah.
Lahan klenteng pernah dikuasai seorang warga yang tamak. Pedagang keturunan Tionghoa pemeluk Tridharma lalu membeli lahan tersebut pada tahun 1930-an untuk digunakan sebagai tempat umum.
Walau membangun klenteng, namun dia tidak menghapus sejarah Cheng Hoo dan awaknya sebagai penjelajah Muslim yang pernah datang ke sana.
Kini, Klenteng Sam Poo Kong menjadi salah objek wisata religi yang populer di Semarang. Turis bisa memasuki kawasan klenteng dengan membayar tiket masuk seharga Rp25 ribu per orang.