5 Strategi Sukseskan Niat Olahraga Pagi

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 19/02/2018 08:21 WIB
5 Strategi Sukseskan Niat Olahraga Pagi ilustrasi (morgueFile/fitwalk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Olahraga pagi hari diketahui memiliki segudang manfaat. Memulai hari dengan berolah raga akan meningkatkan fokus dan kemampuan mental sepanjang hari.

Meski mengetahui manfaat olahraga pagi, tapi satu hal yang paling sulit dilakukan adalah bangun lebih awal dari biasanya. Tak jarang, bangun kesiangan pun jadi alasan untuk tak berolahraga.

Demi menyukseskan resolusi ini, berikut beberapa tips sukses olahraga pagi dikutip dari Make Your Body Work.



1. Jauhkan alarm
Salah satu strategi mereka yang sulit bangun pagi ialah memasang alarm. Namun, kesalahan yang kerap dilakukan adalah meletakkan alarm dekat dengan jangkauan tangan.

Langkah ini memang sukses membuat orang bangun dan menekan tombol 'snooze' kemudian tidur lagi. Coba letakkan alarm jauh dari jangkauan, sehingga saat terbangun, tubuh dipaksa beranjak untuk mematikannya.

2. Bergerak!
Ketika beranjak dari kasur, jangan langsung pergi mandi, apalagi membuka laptop dan mengecek email. Ambil sedikit makanan untuk disantap, ambil pakaian olahraga dan bergeraklah.

Agar lebih efektif, siapkan pakaian olahraga sebelum tidur dan diletakkan di tempat yang mudah terlihat. Kadang orang malas olahraga karena harus menyiapkan pakaian olahraga saat pagi.

3. Tentukan hal yang dinanti saat pagi
Manfaat olahraga pagi memang bisa memotivasi diri untuk bangun dan bergerak. Namun, rasa kantuk bisa saja mengalahkan dan ujung-ujungnya orang akan kembali memeluk guling. Untuk menghindari hal ini, coba untuk menyiapkan atau memikirkan hal yang diinginkan di pagi hari.

Saat lari di treadmill, mungkin bisa sembari menonton acara televisi favorit. Jogging juga bisa dilakukan sembari mendengarkan lagu-lagu kesayangan.


4. Jangan lupa pemanasan
Mungkin menu olahraga pagi sudah dipersiapkan baik-baik. Berbagai morning work out atau bahkan work out challange sudah ingin dieksekusi. Namun semua tak bisa terlaksana dengan baik tanpa pemanasan yang cukup. Tak perlu menghabiskan 20 menit untuk peregangan agar tubuh lentur.

Lakukan gerakan ringan selama 5-10 menit sebelum dilanjutkan dengan gerakan yang lebih intensif.

5. Jangan terlalu lama
Olahraga di pagi hari tak perlu dilakukan terlalu lama. Siapa yang mau menghabiskan 2 jam hanya untuk berolah raga? Olahraga terlalu lama hanya akan mengacaukan rutinitas.

Saat ini banyak situs yang menawarkan gerakan tubuh kurang dari 10 menit. Olahraga pagi cukup dilakukan singkat saja sehingga orang masih punya cukup waktu untuk mandi, sarapan, dan berangkat kerja. (chs/chs)