Dokter: Pria Bertelur Tak Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 19/02/2018 20:43 WIB
Dokter: Pria Bertelur Tak Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Bramundito menjelaskan fenomena pria bertelur di Gowa, Sulawesi Selatan tak dapat dijelaskan secara ilmiah. (Foto: Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena Akmal, remaja pria berusia 15 tahun yang bertelur kembali pada Senin (19/2) membuat geger kampung tempat tinggalnya, Gowa, Sulawesi Selatan. Akmal kembali mengeluarkan telur dari anus, setelah hal serupa pernah dialaminya pada 2015 lalu.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Bramandito menjelaskan fenomena itu tak dapat dijelaskan secara ilmiah. 

"Enggak bisa dijawab secara ilmiah, karena tidak mungkin," kata Bramundito saat dihubungi CNNIndonesia.com, pada Senin (19/2).



Dokter yang bertugas di Rumah Sakit Pondok Indah itu menjelaskan sistem organ genitalia atau alat kelamin manusia tidak bisa menghasil telur seperti yang dikeluarkan Akmal.

Bramundito juga membantah telur dalam tubuh Akmal dapat dijelakan dengan teori corpus alienum atau keberadaan benda asing dalam tubuh. Biasanya, istilah ini banyak digunakan saat peluru tertinggal di tubuh ketika ada luka tembak dan diseput corpus alienum peluru.

"Ini susah diterima. Jika dia makan telur bulat-bulat biasanya sudah tercerna dan pecah di saluran makanan, kecuali dia memasukkan telur itu dari anusnya. Ini yang masih mungkin, kita semua tertipu saja," tutur Bramundito yang merupakan ahli ginekologi.


Selain itu, Bramundito juga menjelaskan terkait soal pengapuran yang disebut terjadi dalam tubuh sehingga membentuk telur.

"Mesti dicek kembali apakah ada proses pengapuran di tinja manusia, setahu saya tidak ada," ujar Bramundito.

Sebelumnya dilaporkan, Akmal membuat geger kampungnya di Desa Mangempang, Kecamatan Sapaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan karena mengeluarkan telur dari anusnya, pada Senin (19/2) pukul 11:00 WITA. Dua butir telur yang keluar dari dalam tubuhnya itu menyerupai telur ayam ras, dengan ukuran sedikit lebih besar.

Kejadian langka ini sebelumnya pernah dialami Akmal pada Juni 2015 silam. Dalam kurun waktu lima bulan, sedikitnya Akmal berhasil mengeluarkan 18 butir telur dari dalam tubuhnya. (rah/rah)