Pantai 'The Beach' Ditutup Karena Kerusakan Lingkungan

Setyo Aji Harjanto, CNN Indonesia | Selasa, 20/02/2018 17:06 WIB
Pantai 'The Beach' Ditutup Karena Kerusakan Lingkungan Pantai yang menjadi lokasi syuting film 'The Beach' akan ditutup sementara selama tiga bulan karena mengalami kerusakan lingkungan yang parah. (AFP PHOTO / EMMANUEL DUNAND)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pantai Maya Bay yang berlokasi di Koh Phi Phi Leh, Thailand, akan ditutup sementara selama tiga bulan, mulai dari Juni hingga September 2018.

Dikutip dari Travel and Leisure, penutupan itu terkait dengan parahnya kerusakan lingkungan yang terjadi di sana.

Wakil Dekan Fakultas Perikanan Universitas Kasetsart di Bangkok, Thon Thamrongnawasawat, mengatakan bahwa sebanyak 80 persen terumbu karang di Pantai Maya Bay rusak karena faktor industri, jangkar kapal dan sampah plastik.


Thamrongnawasawat menyebut, "solusi ideal" untuk mengembalikan kelestarian lokasi tersebut adalah dengan menutupnya dengan permanen.

Namun, karena pantai tersebut menjadi magnet kedatanga turis, penutupan selama tiga bulan untuk restorasi dirasa cukup.

Perekonomian Thailand cukup bergantung pada sektor pariwsata. Pantai menjadi magnet utama kedatangan turis ke Negara Gajah Putih ini.

Dari data Badan Pariwisata Thailand, setiap harinya Pantai Maya Bay kedatangan 5.000 pengunjung.

[Gambas:Instagram]

Mereka yang datang menggunakan kapal dari Phuket atau Kho Phi Phi.

Turis yang datang mengaku penasaran dengan pantai ini setelah menyaksikan film 'The Beach' yang dibintangi oleh aktor tampan pemenang Oscar, Leonardo DiCaprio.

Film tersebut bercerita tentang seorang backpacker asal Amerika Serikat yang berkunjung ke Thailand dan terdampar di 'surga dunia' berupa pulau tak berpenghuni dengan pantai yang indah.

Sebagai pecinta lingkungan, kemungkinan besar Leo akan sangat kecewa mendengar berita penutupan Pantai Maya Bay karena kerusakan lingkungan.

[Gambas:Youtube]
(ard)