5 Wisata yang Tetap Bisa Dilakukan saat Hujan di Bali

Agung Rahmadsyah, CNN Indonesia | Rabu, 21/02/2018 13:23 WIB
5 Wisata yang Tetap Bisa Dilakukan saat Hujan di Bali Menyelam tetap bisa dilakukan di Bali saat musim hujan. (Detik/Kamal Shahab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hamparan pasir putih, gerombolan Burung Camar yang terbang rendah, guratan jingga lembayung senja, dan desahan debur ombak adalah gambaran yang kerap ada di benak turis saat sedang berlibur ke Bali. Namun, semua itu akan buyar seketika jika Pulau Dewata dilanda musim hujan.

Bali, yang memiliki banyak objek wisata di luar ruang, terasa muram saat mendung atau gerimis datang.

Tapi Pulau Dewata selalu menjadi tempat yang menyenangkan, saat musim panas atau musim hujan. Berikut ini ialah lima kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Bali saat musim hujan:


1. Belajar memasak

Sebenarnya kegiatan ini bukan hal yang istimewa, karena juga bisa dilakukan di rumah. Yang membuatnya jadi istimewa di Bali ialah turis bisa mencoba belajar memasak makanan khas Pulau Dewata langsung dari ahlinya. 

Menunya mulai dari Ayam atau Bebek Betutu, Sate Lilit, Lawar, Nasi Jinggo, atau Bubur Mengguh. Banyak hotel yang menggelar kelas memasak menu seperti ini.

[Gambas:Instagram]

2. Berbelanja

Berbelanja di pasar tradisional bisa menjadi pelipur lara saat mendung di destinasi wisata. Sejumlah pasar tradisional di Bali, seperti Pasar Seni Sukawati, Pasar Kumbaran atau Pasar Seni Ubud, sudah direnovasi dengan atap yang meminimalisir pengunjung kebasahan saat hujan.

[Gambas:Instagram]

3. Surfing

Jika memiliki nyali yang cukup besar, musim hujan bukanlah penghalang untuk melakukan menunggangi ombak. Surfer bisa menuju Pantai Canggu, Pantai Sanur, atau Pantai Keramas untuk mendapakan ombak menantang. Tapi ingat untuk tetap waspada dengan petir.

4. Mengunjungi museum atau galeri seni

Merasa perlu "memberi makan" akun Instagram? Saat musim hujan, turis narsis bisa tetap eksis.

Solusinya berkunjung ke museum atau galeri seni, seperti Museum Bung Karno, Museum Antonio Banco, dan Museum Bali. 

5. Menyelam

Pemandangan alam bawah laut tidak akan jauh berbeda walaupun musim berganti. Dan beruntungnya, bidoversitas alam bawah laut Bali adalah salah satu yang masuk dalam kategori baik.

Tak usah berpikir panjang, siapkan peralatan menyelam Anda dan segera arahkan kendaraan menuju kawasan perairan di Tulamben.

(ard)