Sammy dan Sally, Dua Robot 'Penghibur' Saat Menyantap Pizza

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 21/02/2018 17:47 WIB
Sammy dan Sally, Dua Robot 'Penghibur' Saat Menyantap Pizza Demi menghibur pengunjung khususnya anak-anak, Pizza Hut Indonesia menghadirkan dua robot yang bisa menari, menyanyi dan bermain bernama Sammy dan Sally. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi menghibur dan menarik pengunjung khususnya anak-anak, salah satu restoran pizza Indonesia menghadirkan dua robot canggih sebagai teman saat bersantap. Kedua robot bisa diset untuk bernyanyi, menari dan bermain.

Diberi nama Sammy dan Sally, dua robot tersebut dihadirkan Pizza Hut Indonesia sebagai inovasi baru bagi pengunjung yang datang ke restoran.

"Pelanggan banyak anak-anak. Ini inovasi tambahan agar pelanggan betah dan senang," ungkap Jeo Sasanto, General Manager Pizza Hut Indonesia saat ditemui di gerai Pizza Hut, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Rabu (21/2).



Pria yang akrab disapa Santo ini menjelaskan, perakitan robot dilakukan di China. Namun, untuk perangkat lunaknya dikembangkan oleh tenaga ahli dari tiga negara yakni, Indonesia, India dan Vietnam.

Robot memiliki tinggi sekitar satu meter, berbentuk tabung, memiliki kepala dan tangan. Ekspresi Sammy maupun Sally tergambar lewat mata digital mereka. Mereka juga dilengkapi layar sentuh selebar 10,1 inch. Pelanggan dapat berinteraksi dengan mereka lewat layar ini.

Sammy dan Sally, Dua Robot 'Penghibur' Saat Menyantap PizzaRobot Sammy dan Sally. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

CNNIndonesia.com berkesempatan untuk mencoba kebolehan Sally. Pada layar sentuh terdapat tiga pilihan interaksi yakni, singing, dancing dan games. Pada pilihan singing, Sally mempersilakan pelanggan untuk memilih salah satu lagu. Lagu masih terbatas tapi yang paling familiar adalah lagu 'Happy Birthday'.

Untuk kemampuan menari, Sammy dan Sally hanya mampu bergerak seadanya seperti maju, mundur, kiri dan kanan serta menggerakkan kepala dan tangannya.


Selain itu, Sammy dan Sally juga bisa memberikan salam pada pengunjung yang datang maupun mereka yang akan beranjak dari restoran.

Menurut Santo, Sammy dan Sally akan mengunjungi cabang restoran yang lain se-Jabodetabek. Tak semua negara mengadaptasi ide kehadiran robot di restoran, sebab tak semua negara memiliki restoran yang cukup besar untuk interaksi dengan kedua robot ini.

"Negara lain ada, sejauh ini yang saya tahu di Malaysia," tambah Santo.

Robot dijalankan dengan tenaga baterai. Selama semalaman, daya diisi sehingga mereka mampu 'hidup' selama 7-8 jam. Namun, saat baterai habis dan masih ada pelanggan yang ingin berinteraksi, Sammy dan Sally masih dapat dioperasikan sembari dihubungkan dengan sumber listrik.

"Baik Sammy dan Sally itu sama, hanya nanti terserah anak-anak yang datang, mau main sama Sally atau Sammy. Ke depan, robot ini bakal punya inovasi-inovasi lain," tandasnya. (rah/rah)