8 Rekomendasi Desa Wisata untuk Liburan Keluarga

agr, CNN Indonesia | Jumat, 23/02/2018 13:55 WIB
8 Rekomendasi Desa Wisata untuk Liburan Keluarga Berbicara mengenai batik khas Banyuwangi, tidak bisa dilepaskan dari Suku Osing di Desa Kemiren. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabupaten Garut, Jawa Barat, dikenal dengan bentang alamnya yang memesona. Tak heran jika Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengatakan jika konsep pariwisata yang tepat untuk Garut adalah wisata di luar ruangan.

Menurutnya, nomadic tourism atau wisata nomaden adalah konsep pariwisata yang cocok dikembangkan di Garut. Namun, jauh sebelum konsep wisata nomaden diperkenalkan, Indonesia sudah punya konsep wisata pedesaan.

Jangan takut bakal kesulitan mencari penginapan atau tempat makan, karena sudah banyak desa wisata yang memiliki homestay di dalam kawasannya.


Lantas, di mana saja letak desa wisata di Indonesia? Berikut ini rekomendasi yang menarik dikunjungi:

1. Nglangeran

Desa ini berada di kawasan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kearifan lokal, hamparan alam yang asri, hingga keberadaan gunung api purba membuat desa ini diganjar penghargaan ASEAN Community Based Tourism 2017.

2. Tembi

Cikal bakal terbentuknya Desa Wisata Tembi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tak lepas dari peran seorang warga negara Australia bernama Warwick Pursen Larsen, yang mempopulerkannya melalui tulisan dan foto perjalanannya. Saat ini ada Rumah Budaya Tembi yang kerap menggelar pertunjukan seni budaya di sana.

[Gambas:Instagram]

3. Kemiren

Jika ingin bertemu dengan Suku Osing (suku asli di Banyuwangi), maka kunjungilah Desa Kemiren. Di tempat ini, turis juga bisa menikmati kopi khas Banyuwangi, tari, serta musik tradisionalnya.

4. Pujon Kidul

Desa Pujo Kidul terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sektor perkebunan dan peternakan menjadi daya tarik bagi desa ini. Turis juga bisa mengikuti kegiatan memetik apel atau memerah susu sapi di sini.

[Gambas:Instagram]

5. Panglipuran

Terletak hanya sekitar enam kilometer dari Kota Bangli, Bali, Desa Panglipuran didaulat menjadi salah satu dari tiga desa terbersih di dunia.

6. Petingsari

Desa ini terletak di kaki Gunung Merapi atau berjarak sekitar 22,5 km dari Kota Yogyakarta. Jika menginginkan daerah yang jauh dari kemewahan, maka Petingsari cocok dimasukkan ke dalam daftar wisata selanjutnya.

[Gambas:Instagram]

7. Dieng Kulon

Sebagai salah satu kawasan hunian tertinggi di Pulau Jawa, tak heran jika Dieng menyimpan potensi wisata pedesaan yang menawan. Di kawasan desa wisatanya terdapat banyak sekali objek wisata yang bisa dieksplorasi, mulai dari gunung, danau, hingga candi.

8. Karangrejo

Ingin mendapatkan pemandangan matahari terbit sekaligus pesona Candi Borobudur? Datanglah ke Desa Wisata Karangrejo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Masyarakatnya yang sebagian besar bertani bakal mengajak turis untuk merasakan sensasi bersawah.

[Gambas:Instagram]

(ard)