Mengenal Angela Kelly, Penata Busana Pribadi Ratu Elizabeth

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 23/02/2018 14:39 WIB
Mengenal Angela Kelly, Penata Busana Pribadi Ratu Elizabeth Angela Kelly (AFP PHOTO/POOL/John Stillwell)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratu Elizabeth II baru saja membuat kejutan di London Fashion Week. Dia tak datang sendiri melainkan bersama penata busana sekaligus penasihat busananya, Angela Kelly.

Kelly bukanlah 'orang asing' di dunia fesyen khususnya untuk Kerajaan Inggris. Jabatan resmi Kelly adalah Personal Advisor to Her Majesty atau penanggung jawab busana untuk sang Ratu Inggris.

Hal ini berarti bahwa Kelly adalah kurator dan desainer busana-busana Ratu Elizabeth. Selain itu Kelly juga adalah teman dekat Ratu.



Dilansir dari Town and Country Magazine, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang Angela Kelly, penasihat dan desainer pribadi Ratu Elizabeth.

1. Mantan asisten rumah tangga

Sebelum bekerja untuk Kerajaan Inggris, Kelly bekerja sebagai asisten rumah tangga untuk Christopher Mallaby, Duta Besar Inggris di Jerman. Ratu dan Pangeran Philip mengunjungi rumah Mallaby saat kunjungan di Jerman dan tidak sengaja bertemu dengan Kelly.

Kelly berencana untuk kembali ke Inggris dan ia ditawari posisi sebagai perancang busana untuk ratu. Setelah tiga tahun bekerja dengan ratu, Kelly dipromosikan menjadi Senior Dresser pada 2002.

2. Dibesarkan di keluarga sederhana

"Saya berasal dari keluarga yang sederhana dan saya berharap untuk tetap rendah hati," kata Kelly dalam sebuah wawancara.

Kelly dibesarkan di Liverpool tempat orang tuanya, Thomas dan Teresa. Orang tuanya bekerja sebagai sopir derek dan perawat.

Kelly tidak pernah belajar secara formal mengenai fesyen, namun ibunya mengajarinya cara menjahit dan membuat pakaian untuk boneka. Ia meninggalkan sekolah untuk mencapai profesinya. Kelly selalu ingin bekerja untuk Ratu dan telah berkorban untuk melakukannya.


3. Kelly merancang beberapa busana secara khusus

Sebagai desainer pribadi, Kelly merancang busana Ratu secara khusus. Salah satunya adalah dress bewarna kuning yang dikenakan ratu saat pernikahan pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011.

Selain itu Kelly juga merancang khusus beberapa gaun yang dikenakan ratu untuk perayaan Diamond Jubilee pada tahun 2012.

4. Punya label sendiri

Kelly memiliki label sendiri yang bekerjasama dengan Alison Pordum, label tersebut disebut Kelly & Pordum.

Awalnya Kelly dan Alison Pordum bekerja sama merancang satu atau dua hal yang disukai Ratu Elizabeth II, dari situ mulai merancang hal lain.

5. Kelly memiliki tiga anak

Kelly sudah bercerai dengan sang suami Jim Kelly. Ia memiliki tiga anak, dua putra dan seorang putri. Kelly juga sudah memiliki cucu.

6. Mendapatkan penghargaan The Royal Victorian Order

Pada tahun 2012, Kelly mendapatkan penghargaan the Royal Victorian Order, hal ini diberikan oleh Ratu kepada orang-orang yang telah melayani keluarga kerajaan. Kelly juga diangkat menjadi Lieutenant of the Royal Victorian Order di Buckingham Palace.

7. Kelly adalah seorang penulis

Kelly merupakan penulis dari sebuah buku yang telah diterbitkan berjudul Dressing The Queen: The Jubilee Wardrobe. Dalam buku ini Kelly memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pakaian Ratu yang berkesan.


8. Sahabat sang Ratu

Kelly merupakan orang penting bagi Ratu Elizabeth II. Mereka berdua telah membangun hubungan persahabatan selama bertahun-tahun. Dia merupakan salah satu orang yang diizinkan untuk menyentuh sang ratu. Kelly selalu bersama dengan sang ratu dan juga sering bergabung dalam perjalanannya saat kunjungan ke luar negeri dan tinggal di istana Windsor. (cel/chs)