'Reuni' dengan Monyet Muka Merah di Jigokudani

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Minggu, 25/02/2018 10:12 WIB
'Reuni' dengan Monyet Muka Merah di Jigokudani Monyet-monyet di dalam onsen Jigokudani Monkey Park. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Nagano, CNN Indonesia -- Foto monyet bermuka merah yang menjadi foto sampul majalah LIFE pada tahun 1970-an membuat saya semakin penasaran dengan Jigokudani Monkey Park.

Kawasan ini juga pernah menjadi lokasi penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin pada tahun 1998.

Monyet merah itu bernama Monyet Rhesus (Macaca mulatta). Sama seperti di Ubud, Bali, monyet-monyet ini juga menjadi penghuni tetap kawasan Jigokudani.


Saya berkesempatan mengunjungi Jigokudani Monkey Park atas undangan Japan National Tourism Organitation (JNTO) pada bulan kemarin.

Jigokudani Monkey Park berada di kawasan lembah pegunungan yang terletak di Yamanouchi, Distrik Shimatokai, Prefektur Nagano.

Udara dingin pegunungan berpadu dengan uap hangat onsen(pemandian air panas) alami yang berada di sana.

Monyet-monyet di sini kadang ikut berendam di dalam onsen. Mereka tak mengganggu pengunjung, kecuali memang merasa terganggu.

Dikatakan pemandu wisata, monyet-monyet berendam untuk menghangatkan tubuhnya. Terutama saat musim dingin tiba, sekitar bulan Desember sampai Maret.

Turis penggemar fotografi pasti senang mengabadikan momen santai mereka di sini.

'Reuni' dengan Monyet Muka Merah di JigokudaniMonyet-monyet kerap turun ke Jigokudani Monkey Park saat musim dingin. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)

Saya mencoba memberi kacang untuk salah kawanan monyet yang sedang bersantai di onsen. Awalnya, saya takut mereka bakal kabur atau berubah galak.

Ternyata, mereka malah menyambut saya seakan teman lama yang bertemu saat reuni. Kamera pun langsung saya arahkan ke momen tersebut.

Akses menuju Jigokudani

Ada banyak akses yang bisa digunakan untuk menuju kawasan Jigokudani Monkey Park. Namun, untuk mempersingat waktu, turis disarankan menumpang kereta.

Pertama, jika memulai perjalanan dari Tokyo, turis bisa naik Kereta Shinkansen dengan perjalanan selama 2 jam menuju stasiun Nagano.

'Reuni' dengan Monyet Muka Merah di JigokudaniPemandangan di Jigokudani Monkey Park. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)

Setelah itu, dilanjutkan dengan naik bus dari Stasiun Nagano menuju Stasiun Kanbayashi Onsen yang berada di Shiga Kogen.

Setiba di Shiga Kogen, turis tinggal berjalan kaki selama 35 menit untuk mencapai Jogakudani.

Kedua, jika memulai perjalanan dari Osaka, turis juga disarankan menggunakan Kereta Shinkansen menuju Stasiun Nagoya, kemudian berganti ke kereta biasa menuju Stasiun Nagano.

Sama halnya dengan rute pertama, turis tinggal melanjutkan perjalanan menuju Jigokudani dengan bus.

(ard/ard)